Tulang Ikan Untuk Membuat Hiasan Unik

By On Sabtu, Mei 4th, 2019 Categories : Seni

Tulang Ikan Untuk Membuat Hiasan Unik – Rangka pada ikan laut jenis tertentu seperti halnya pada golongan vertebrata lainnya adalah berfungsi untuk menegakkan tubuh, menunjang dan menyokong organ – organ tubuh serta berfungsi dalam proses pembentukan butir darah merah.

Tulang Ikan Untuk Membuat Hiasan Unik

Tulang Ikan Untuk Membuat Hiasan Unik

Pada beberapa ikan, modifikasi tulang penyokong sirip ini menjadi penyalur sperma ke dalam saluran reproduksi ikan betina. Secara tidak langsung rangka akan menentukan bentuk tubuh ikan yang beraneka ragam di lautan.

Rangka yang menjadi penegak tubuh ikan terdiri atas tulang rawan dan tulang sejati. Tulang rawan pada banyak vertebrata kecuali cyclostomata dan elasmobranchii merupakan jaringan embrional (dari berbagai sumber).

Jenis rangka ikan menurut asalnya adalah rangka tulang rawan (cartilago), tulang – tulang pada golongan ikan chondrichthyes dan juga ikan osteichthyes yang masih muda.

Contoh : ikan pari (manta birostris) dan ikan hiu (carcharhinus leucas). Rangka tulang sejati (osteum). Tulang – tulang pada golongan ikan osteichthyes merupakan tulang sejati sebenarnya berasal dari tulang rawan.

Proses pembentukan tulang sejati ini adalah dari tulang rawan yang disebut osifikasi. Contoh : ikan mas (cyprinus carpio) dan ikan mujair (oreochromis mossambicus).

Bisnis Kerajinan Tangan Dari Tulang Ikan (Bone Art)

Bisnis kerajinan tangan yang terbuat dari tulang ikan ini merupakan ide bisnis kreatif yang cocok dijalankan oleh pemula di Indonesia karena Indonesia adalah salah satu negara maritim yang mempunyai kekayaan laut luar biasa besar.

Salah satunya yakni hasil laut berupa ikan bertubuh besar dengan tulang – tulang ikan berbentuk unik dan sangat kuat. Sebagian besar masyarakat Indonesia adalah nelayan atau yang bekerja di lautan.

Perputaran ekonomi yang berasal dari penjualan barang – barang bernilai seni dari hasil laut saat ini merupakan hasil terbesar dari perairan Indonesia.

Kerajinan tangan adalah sektor lain yang patut diperhatikan dan juga sangat profitable. Barang sisa seperti tulang belulang beebrapa jenis ikan kecil mungkin adalah sesuatu yang tidak terpikirkan oleh banyak orang / orang awam jika dikaitkan dengan barang – barang atau benda bernilai seni yang bisa dibisniskan.

Namun bagaimana dengan bisnis kerajinan tangan dari tulang ikan ?

Di Ubud, Bali, sebagian masyarakatnya adalah berprofesi sebagai pembuat kerajinan tangan. Salah satunya yakni kerajinan dari tulang ikan.

Ide luar biasa kreatif untuk bisnis usaha kecil mandiri ini muncul setelah pengrajin melihat potensi tulang – tulang ikan laut yang dibuang dan menjadi sampah.

Selanjutnya ide kreatif tersebut diharapkan mampu menciptakan barang dengan nilai jual yang lumayan bagus seperti membuat hiasan unik dan multifungsi dari cangkang ikan laut / terumbu karang.

Setumpuk tulang ikan yang tak terpakai tersebut bisa dijadikan sebagai banyak sekali kerajinan tangan yang luar biasa menarik buat dijual hingga keluar negeri.

Seperti kerajinan gelang – gelang trendy, anting, eksotik ala perhiasan dari India / gadis – gadis Afrika dan pernak – pernik lainnya yang terbuat dari tulang ikan. Ada pula miniatur sepeda motor balap, malaikat, naga, dan berbagai patung hewan liar di hutan yang terbuat dari tulang ikan.

Anda bisa membeli perhiasan – perhiasan dari tulang ikan tersebut pada art shop yang banyak ada di sepanjang jalan raya Ubid Gianyar Bali, anda pasti akan menyukai salah satunya.

Baca Juga : Pengertian Litosfer

Tulang Ikan Untuk Membuat Hiasan Unik | ilmuhewan | 4.5