Sejarah Perumusan Teks Proklamasi

By On Jumat, Maret 22nd, 2019 Categories : Info Lainnya

Sejarah Perumusan Teks Proklamasi – Teks proklamasi adalah teks yang berisi pernyataan kepada dunia mengenai kemerdekaan suatu negara.

Teks proklamasi Indonesia sendiri dibacakan oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta di Jl. Pegangsaan Timur no. 56, Jakarta Pusat. Berikut adalah isi dari teks proklamasi:

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan

dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.                                                                             

Djakarta, 17 – 8 – ’05

Wakil2 bangsa Indonesia.

Perumusan teks proklamasi sendiri perlu melalui proses panjang perundingan dengan Jepang dengan berbagai organisasi yang terlibat seperti BPUPKI dan kemudian PPKI. Meskipun merupakan hasil dari panjangnya perjuangan Bangsa Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan, sejarah teks proklamasi sendiri sangat signifikan setelah adanya peristiwa Rengasdengklok.

Pada 16 Agustus 1945, setelah peristiwa Rengasdengklok, Ir. Soekarno berserta Moh. Hatta kembali ke Jakarta sekitar pukul 23.00 WIB menuju rumah Laksamana Maeda di Jl. Imam Bonjol no. 1. Dari sana, Ir. Soekarno dan Moh. Hatta diantar untuk menemui Mayor Jenderal Hoichi Yamamoto yang merupakan Kepala Pemerintahan Militer Jepang. Namun, pertemuan tersebut ditolak dikarenakan waktu yang telah tengah malam, sehingga Ir. Soekarno dan Moh. Hatta menemui Mayor Jenderal Otoshi Nishimure yang merupakan Kepala Departemen Umum Pemerintahan Militer Jepang. Sayangnya, pertemuan tersebut tidak membuahkan kesepakatan.

Setelah pertemuan tersebut, Ir. Soekarno dan romobongan kembali ke rumah Laksamana Maeda. Di rumah tersebut telah hadi para anggota PPKI, para pemimpin pemuda, para pemimpin pergerakan, dan beberapa anggota Chuo Sangi In. Bersama tokoh-tokoh tersebut, Ir. Soekarno merumuskan apa yang dikenal sebagai teks proklamasi.

Kata pertama dalam teks proklamasi yaitu “Proklamasi” dituliskan sekitar pukul 03.00 WIB pada tanggal 17 Agustus 1945. Kalimat selanjutnya diusulkan oleh Achmad Soebardjo dan kalimat terakhir ditambahkan oleh Moh. Hatta. Sebagai penutup, Ir. Soekarno menuliskan “Djakarta 17 – 8 – 04 Wakil-Wakil Bangsa Indonesia”.

Pada sekitar pukul 04.00 WIB, Ir. Soekarno meminta tanda tangan kepada semua yang hadir sebagai wakil bangsa Indonesia, namun akhirnya hanya Soekarno dan Moh. Hatta yang membubuhkan tanda tangan. Dengan sedikit perubahan, naskah yang sudah disetujui kemudian diserahkan kepada Sayuti Melik untuk kemudian diketik. Teks proklamasi selanjutnya dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB bertempat di rumah Ir. Soekarno di Jl. Pegangsaan Timur no. 56.  Berikut adalah naskah teks proklamasi yang sudah diubah:

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan

dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05                                                     

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta.

Sejarah Perumusan Teks Proklamasi | ilmuhewan | 4.5