Penyerbukan Bunga Kamboja Jepang

By On Kamis, Januari 31st, 2019 Categories : Biologi

Penyerbukan Bunga Kamboja Jepang – Dari sekian banyak tanaman hias, ada satu tanaman hias yang menjadi pimadona daripada para pencita tanaman yang ada di Indonesia, tanaman ini memiliki keindahan dari batang sampai kepada bunga dari tanaman tersebut, penasaran kan ?

udah ada sih di judul nama tanamannya.. Yap, Bunga Kamboja Jepang atau nama latinnya adalah Adenum Obesum ! oke lanjut, tapi menjadi sebuah pertanyaan bagi masyarakat awam, apakah tanaman tersebut asli dari jepang ?

sebenarnya tidak, hal ini dikarenakan cara budidaya tanaman ini dilakukan dengan teknik bonsai, sehingga namanya menjadi Bunga kamboja Jepang, dan teknik bonsai ini diterapkan pada tanaman ini karena Kamboja Jepang memiliki keindahan batang yang hampir mendekati kesempurnaan, dimana kettika sedang musim berbunga maka tanaman ini benar menjadi primadona dikalangan para pencinta tanaman hias, nah penasarankan caranya gimana caranya melakukan penyerbukan Bunga Kamboja Jepang ? makannya lanjut dibaca ya guys !

Penyerbukan sendiri adalah salah satu fase pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman, dan ketika berhasil maka dapat menghasilkan satu individu baru sehingga keberadaan Bunga kamboja Jepang di dunia khususnya di Indonesia mudah untuk ditemukan. Berikut adalah langkah yang harus diikuti agar dapat berhasil dalam melakukan proses penyerbukan daripada tanaman ini, yaitu :

Pertama, siapkan bunganya yang mempunyai diameter batang dan ukuran bunga yang cukup besar dan berlilin atau bermahkota tebal, dimana hal tersebut menandakan bahwa bunganya dapat bertahan lebih lama atau awet dalam beberapa hari kedepan, yang diperlukan dalam hal ini adalah bunga yang menyimpan banyak serbuk sari dan rumpun bunga lainnya sebagai penyedia putik serta tempat bakal berkembang biji – biji baru.

Potong dengan hati – hati pada bagian kelopak bunga pilihan untuk memperoleh bagian serbuk sari dan kelopak bunga agar terlihat dengan jelas dan dangkal, selanjutnya gunakan tusuk gigi yang baru dimana digunakan untuk mengumpulkan atau mengambil serbuk sari pada Bunga Kamboja Jepang pilihan yang memiliki diameter besar, selanjutnya adalah taburkan merata pada bagian putik bunga kamboja yang lainya, pastikan untuk meletakannya dengan benar agar proses pembuahan berjalan dengan baik.

Langkah berikutnya adalah tutup permukaan Bunga Kamboja Jepang dimana kamu menjadikannya sebagai media penyerbukan dengan memakai selotip agar serbuk sari tak mudah meluber atau beterbangan kemana – mana. Kemudian apabila penyerbukan berhasil maka ditandai dengan terlepasnya kelopak pada Bunga kamboja, selanjutnya adalah fase berkembangnya bagian bunga yang berfungsi sebagai wadah untuk membentuk bakal biji yaitu ‘stigma’.

Baca Juga :

Oke, bakal biji inilah yang nantinya akan berkembang menjadi biji dengan mempunyai ukuran rata – rata, bentuknya lonjong dan panjang serta bertekstur kasar dengan warna seragam yaitu cokelat muda.

Penyerbukan Bunga Kamboja Jepang | ilmuhewan | 4.5