Pengertian, Tujuan, Konsep dan Fungsi Pemasaran

By On Senin, Desember 3rd, 2018 Categories : Bisnis

Pengertian, Tujuan, Konsep dan Fungsi Pemasaran Pengertian Pemasaran atau Marketing adalah suatu aktivitas, kegiatan pokok suatu perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumen, klien, mitra ataupun masyarakat.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indoensia makna pemasaran adalah proses atau perbuatan menawarkan suatu barang dagangan atau penyebarluasan ke tengah-tengah masyarakat.

Adapula pendapat para ahli mengenai definisi pemasaran adalah sebagai berikut :

  • Philip Kotler

Menurut Philip Kotler pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

  • William J. Stanton

Stanton berpendapat bahwa pemasaran ialah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli.

Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Funsgi utama pemasaran adalah :

  1. Untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang sebuah produk yang dijual
  2. Untuk mempengaruhi konsumen dalam keputusan membeli
  3. Untuk menciptakan nilai ekonomis suatu produk, baik barang atau jasa.

Konsep Pemasaran

Diketahui terdapat enam konsep pemasaran yang merupakan kegiatan pemasaran suatu organisasi atau perusahaan, yaitu sebagai berikut :

  1. Konsep Produksi

Dalam konsep ini terdapat pendapat bahwa konsumen menyukai barang yang ada di berbagai tempat dengan harga yang murah. Konsep produksi berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efisiensi produk yang tinggi dan distribusi yang luas

  1. Konsep Produk

Konsep yang kedua ini mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performa dan ciri-ciri yang terbaik.

  1. Konsep Penjualan

Konsep penjualan adalah konsep yang memfokuskan pada produk yang dibuat sebaik-baiknya, dengan kata lain membiarkan konsumen begitu saja atau apa adanya. Sedangkan organisasi atau perusahaan harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

  1. Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran adalah konsep yang berfokus pada keinginan pasar, kebutuhan, kepentingan dan kepuasan konsumen yang diharapkan dapat lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pesaing.

  1. Konsep pemasaran Sosial

Dalam konsep ini Ann Voorhe Baker berpendapat bahwa pemasaran sosial ialah suatu pemasaran yang menggunakan konsep tradisional pemasaran dan teknik komunikasi budaya yang didorong untuk menjual kesadaran, sikap dan pilihan gaya hidup untuk satu atau lebih (red: target) sasasaran.

Baca Juga :

  1. Konsep pemasaran global

Konsep pemasaran global adalah suatu proses untuk memfokuskan sumber daya dan berbagai tujuan suatu organisasi atau perusahaan lainnya untuk menanggapi ancaman pasar global serta memperoleh kesempatan di pasar global (Philip Kotler & Kevin Lane Keller: 2008)

Tujuan Pemasaran

Adapun tujuan pemasaran terdiri atas 6 hal yang harus diimplementasikan dalam beberapa fungsi dan teknik pemasaran. Berikut adalah 6 tujuan pemasaran :

  1. Memahami pasar dan Konsumen
  2. Membentuk produk yang sesuai dengan pasar
  3. Membangun popularitas positif untuk produk
  4. Membangun citra positif yang ingin dibentuk
  5. Penjualan itu sendiri
  6. Kepuasan konsumen
Pengertian, Tujuan, Konsep dan Fungsi Pemasaran | ilmuhewan | 4.5