Pengertian, Tujuan Dan Jenis Aransemen

By On Senin, November 19th, 2018 Categories : Seni

Pengertian, Tujuan Dan Jenis AransemenPengertian Aransemen berasal dari Bahasa Belanda yaitu suku kata ‘arrangement’ yang artinya kondisi menyesuaikan / penyesuaian sebuah komposisi musik dengan jenis / nomer suara penyanyi atau instrumen musik yang disiapkan berdasarkan atas komposisi yang sudah tersedia sehingga esensi musik terdengar seirama dan tak berubah. Mereka yang terlibat secara langsung dalam membuat / melakukan aransemen disebut dengan istilah ‘arranger’ atau ‘pengaransemen’.

Seorang arranger haruslah memiliki modal dasar yaitu wajib menguasai pengetahuan tentang harmoni.

Tujuan dibuatnya aransemen adalah agar bisa menciptakan atau membuat sebuah / beberapa lagu menjadi terdengar lebih baik dan indah / merdu dan mampu menghibur.

Mengetahui Tentang Jenis – Jenis Aransemen

Aransemen terdiri atas 3 jenis aransemen vokal, aransemen instrumen, dan aransemen campuran.

1. Aransemen Vokal

Penyusunan aransemen vokal biasanya dilakukan dalam 3 / 4 suara yang membutuhkan beberapa persyaratan wajib untuk dipenuhi. Jika penyusunan sudah selesai dilakukan maka lagu tersebut dapat dicoba untuk dinyanyikan bersama – sama.

2. Aransemen Instrumen

Penyusunan aransemen instrumen secara garis besar wajib disesuaikan dengan alat – alat musik yang akan digunakan. Nah semakin lengkap alat musik yang sudah tersedia maka semakin banyak peluang anda untuk dapat memvariasikan lagu yang akan diaransemen. Pada intinya berpedoman kepada pengetahuan ilmu – ilmu harmoni dan akord.

3. Aransemen Campuran

Merupakan jenis aransemen yang menggabungkan antara aransemen vokal dan aransemen instrumen yang sebelumnya sudah tersedia. Yang ditonjolkan adalah aspek vokal sementara instrumennya saja hanya berfungsi sebagai pengiring untuk memeriahkan pertunjukan.

Sedangkan cara untuk menciptakan / membuat aransemen adalah ada 2 tehnik yaitu secara tertulis dan lisan. Langkah – langkah membuat aransemen lagu adalah sebagai berikut :

  • Tentukan naskah lagu yang asli untuk diaransemen.
  • Pahami perjalanan melodi dari lagu yang sudah disediakan yang akan diaransemen.
  • Amati tanda – tanda lagu (asli) yang akan diaplikasikan.
  • Kumpulkan lalu kelompokkan jenis – jenis alat musik yang akan dibutuhkan dalam mengaplikasikan aransemen baru disesuaikan dengan fungsi masing – masing dari alat musik tersebut.
  • Agar tercipta sebuah harmoni maka seimbangkan komposisi jumlah alat musik yang akan dimanfaatkan.
  • Lakukan penulisan ‘partitur’ lagu dengan terpisah dari masing – masing alat musik yang mampu terpadu dengan harmoni.
  • Minta izin kepada pembuat lagu apabila mereka masih ada dan jangan lupa nama pencipta lagu dicantumkan ke dalam naskah hasil aransemen.

Demikianlah artikel tentang aransemen, pengertian, tujuan dan jenis musik / lagu kami ulas dengan singkat tersebut di atas, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga :

Pengertian, Tujuan Dan Jenis Aransemen | ilmuhewan | 4.5