Pengertian Teori Geosentris, Heliosentris, Dan Antroposentris

By On Rabu, Februari 27th, 2019 Categories : Info Lainnya

Pengertian Teori Geosentris, Heliosentris, Dan Antroposentris – Seperti diketahui bahwa sebelum ditemukannya benda – benda canggih yang bertujuan untuk mengamati kondisi Bumi beserta alam semesta di dalamnya, orang – orang berpendapat banyak hal tentang Bumi dan alam semesta seperti mengira bahwa Bumi itu berbentuk kotak, Bumi adalah merupakan salah satu pusat dari perputaran tata surya dan lain sebagainya.

Pengertian Teori Geosentris, Heliosentris, Dan Antroposentris

Pengertian Teori Geosentris, Heliosentris, Dan Antroposentris

Anggapan – anggapan tersebut di atas selanjutnya dirangkum ke dalam 3 teori yaitu Teori Geosentris, Teori Heliosentris, dan Teori Antroposentris. Teori – teori ini adalah pusat informasi tentang perkembangan ilmu pengetahuan khususnya berhubungan dengan bidang ‘sains’.

Setelah zaman mengalami perkembangan yang cukup maju, manusia berhasil menemukan sebuah benda canggih bernama Teleskop dan alat – alat canggih lainnya guna mengetahui bentuk Bumi apakah bulat seperti Bulan ?

Bumi beserta alam semesta dengan segala isinya adalah merupakan salah satu objek penelitian di bidang sains yang dilakukan oleh para ahli secara berkesinambungan untuk dipelajari dan berdasarkan atas beberapa penelitian yang sudah pernah dilakukan, alam semesta ini sebenarnya terbentuk sesuai dengan apa yang tertuang ke dalam teori – teori tentang mengungkap kebenaran informasi terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan khususnya tentang Bumi dan hal – hal terkait di dalamnya.

Lantas apakah pengertian dari Teori Geosentris, Heliosentris dan Teori Antroposentri ? Masing – masing teori bersangkutan terkait dengan alam semesta adalah sebuah ruang yang sangat luas dan maha besar tak terbatas yang tersusun atas beragam materi, tenaga dan radiasi. Alam semesta atau jagat raya ini tidak bisa diukur batasan – batasannya secara pasti. Manusia di dalamnya hanyalah mengetahui setitik kecil saja dari keseluruhan alam semesta contohnya adalah Bintang, Planet, Nebula, Meteor, Galaksi, Komet, Bulan, Matahari dan Asteroid.

Yang sebenarnya adalah banyak sekali benda – benda di alam semesta ini belum mampu terungkap identitasnya oleh manusia. Karena ada banyak penyebab dimana salah satunya adalah manusia mempunyai keterbatasan dalam hal alat – alat guna mengungkap tentang rahasia dari alam semesta.

Pengertian Teori Geosentris, Heliosentris Dan Antroposentris

1. Teori Geosentris

Pengertian dari Teori Geosentris adalah teori yang berpendapat dan memaparkan bahwa Bumi ini dikelilingi oleh benda – benda langit dan Bumi yang dijadikan sebagai pusat dari alam semesta. Teori ini adalah teori lawas yang muncul pada awal abad ke 6 SM didukung oleh pendapat beberapa ilmuan pada zaman itu seperti Anaximander, Aristoteles, Plato, Pythagoras, dan Socrates.

2. Teori Heliosentris

Pengertian dari Teori Heliosentris adalah sekumpulan teori – teori yang menjelaskan dan memaparkan tentang Matahari di langit dikelilingi oleh benda – benda langit dimana Matahari dijadikan sebagai salah satu pusat dari kegiatan alam semesta.

Teori ini tercipta sejak ditemukannya benda canggih bernama Teleskop yang bermanfaat untuk mengamati benda – benda galaksi yang berputar mengelilingi Matahari. Didukung oleh beberapa ilmuan pada waktu itu yaitu Galileo, Nucolaus Copernicus, Johanes Kepler dan Isaac Newton.

3. Teori Antroposentris

Pengertian dari teori ini adalah sekumpulan teori yang menjelaskan tentang manusia sebagai pusat dari segala yang terjadi di Bumi dan alam semesta ! Teori Antroposentris sudah dikenal sejak ribuan tahun silam SM seperti pada waktu Bangsa Babylon sedang berjaya atau masa – masa primitif dahulu. Tetapi selanjutnya, manusia mengenal tentang kondisi Bumi dan benda – benda langit lainnya berkembang semakin canggih seiring dengan ditemukannya benda – benda pintar lainnya guna mengetahui kondisi Bumi dan benda – benda langit yang dimaksud.

Selanjutnya Matahari, Bumi, Bulan dan Gugusan Bintang – Bintang disamakan dengan kondisi Manusia, Hewan, dan Tumbuhan. Mereka sama – sama hidup di Bumi sebagai bagian dari isi alam semesta.

Demikianlah ulasan singkat dari kami tentang pengertian Teori Geosentris, Heliosentris dan Antroposentris dijelaskan, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi para pembaca.

Pengertian Teori Geosentris, Heliosentris, Dan Antroposentris | ilmuhewan | 4.5