Pengertian Tahapan dan Proses Evaluasi

By On Minggu, Oktober 28th, 2018 Categories : Info Lainnya

Pengertian Tahapan dan Proses Evaluasi – Manajemen merupakan suatu hal yang penting dalam pengelolaan suatu organisasi, perkumpulan atau badan usaha.

Manajemen diperlukan baik dalam skala kecil atau besar. Fungsinya untuk menjaga keteraturan dalam pelaksanaannya agar tidak menyimpang dari tujuan yang dikehendaki pada rencana awal. Pada manajemen terdapat empat tahapan penting.

Tahapan tersebut antara lain perencanaan, pengawasan, pelaksanaan, dan evaluasi. Keempat tahapan tersebut perlu dilaksanakan dengan runtut dan sistematis.

Salah satu proses penting dalam manajemen adalah proses evaluasi. Proses ini berkaitan dengan pengukuran atau penilaian yang dilakukan pada berbagai kegiatan yang telah dilakukan dalam pelaksanaan.

Evaluasi secara umum memiliki pengertian sebagai suatu usaha untuk mengukur dan sumber nilai secara objektif yang didapatkan dari pencapaian hasil-hasil yang sebelumnya telah dipaparkan pada rencana.

Di dalam evaluasi terdapat pula pengukuran dan penilaian yang dilakukan. Hal tersebut dilakukan untuk menelaah sebab akibat suatu hal bisa terjadi, dampak terjadinya hal tersebut, serta pengaruh hal tersebut pada tujuan yang hendak dicapai.

Melalui proses evaluasi ini pula, dapat diketahui kelemahan dan kelebihan yang ada pada proses pelaksanaan. Hal ini kemudian dapat digunakan sebagai acuan pelaksanaan selanjutnya.

Proses evaluasi dilakukan pada semua aspek yang terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Penilaian yang dilakukan pada proses evaluasi ini akan memberikan perbaikan pada kesalahan atau kekurangan yang ada sebelumnya.

Proses evaluasi memiliki fungsi untuk menilai atau mengetahui hal-hal yang terjadi selama pelaksanaan tersebut. Setelah mengetahui kekurangan yang ada pada pelaksanaan sebelumnya, evaluasi mencatat berbagai upaya yang harus dilakukan selanjutnya. Evaluasi bersifat melihat melihat kea rah depan dari pada melihat kesalahan- kesalahan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan dan kesempatan demi keberhasilan program selanjutnya.

Tahapan yang harus dilalui dalam proses evaluasi ini sebenarnya harus komprehensif, runtut dan sistematis. Tidak bisa evaluasi dilakukan secara acak dan bersambung tanpa ada kelanjutannya.

Baca Juga :

Adapun tahapan evaluasi terdiri dari lima hal, yaitu menentukan topic evaluasi, merancang kegiatan evaluasi, melakukan pengumpulan data, mengolah data, dan melakukan pelaporan hasil evaluasi. Fungsi pelaporan ini untuk dijadikan pedoman perbaikan langkah selanjutnya. Keseluruhan tahapan tersebut dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan satu dengan yang lainnya.

Pengertian Tahapan dan Proses Evaluasi | ilmuhewan | 4.5