Pengertian, Sejarah Dan Contoh Liberalisme

By On Kamis, Desember 6th, 2018 Categories : Hukum

Pengertian, Sejarah Dan Contoh Liberalisme  – Pengertian Liberalisme ? Beberapa dari anda mungkin berpikir bahwa Liberalisme adalah sebuah pola hidup yang bebas atau identik dengan negara Amerika Serikat dimana keduanya masing – masing mempunyai sebuah hubungan erat terkait dengan pengertiang lengkap dari Liberalisme tersebut beserta ciri – ciri yang menyertainya.

Kenapa merujuk ke negara Amerika Serikat ?

Karena dalam hal ini negara ini merupakan salah satu negara pencetus aliran yang satu ini. Maka wajar – wajar saja beberapa orang mengaitkan Liberalisme dengan negara Amerika Serikat.

Nah sekarang apakah anda tahu tentang makna dan ciri – ciri begitu juga halnya dengan asal mula atau sejarah munculnya Liberalisme yang dimaksud ?

Liberalisme berasal dari gabungan 2 kata yaitu ‘Liberal’ yang mengandung makna bebas dan tambahan suku kata ‘Isme’ yang artinya paham.

Sehingga jika kedua suku kata tersebut digabungkan akan membentuk kata Liberalisme yang berarti aliran / paham kebebasan / ideologi, kepercayaan, serta pandangan terhadap suatu objek berdasarkan atas pengertian dan pemahaman mengenai hal – hal terkait dengan kebebasan di dalam persamaan hak lebih diutamakan dengan kewajiban dalam bidang politik.

Yang sebenarnya, paham ini pertama kali muncul di Eropa sejak abad pertengahan yang lalu.

Sekumpulan negara yang menganut aliran Liberalisme adalah memiliki kebiasaan menganut paham Liberalisme dimana dalam prakteknya memberikan kebebasan sepenuhnya kepada warganya dalam bidang yang terkait dengan ‘intelektual’.

Masyarakat di dalam negara tersebut juga diberikan kebebasan penuh di dalam berpendapat / hal – hal terkait dengan bidang agama.

Negara Liberal pada umumnya dikenal sebagai negara – negara sejahtera apabila masing – masing rakyatnya mampu hidup dalam kesejahteraan.

Masing – masing penduduk di dalam wilayah negara yang bersangkutan tak menganut aliran seperti yang diterapkan terhadap sistem – sistem negara – negara kerajaan atau mengenal tentang adanya kekuasaan masing – masing individu di atas kebebasan / kekuasaan individu yang lainnya.

Contoh yang mudah dimengerti adalah dikenal adanya hak – hak dan kewajiban yang sangat disiplin dan tak dapat dilanggar begitu saja oleh siapa pun karena di dalamnya adalah hal – hal yang bersifat mutlak bahkan berhubungan dengan kekuasaan sekali pun.

Baca Juga :

Juga berlaku terhadap pemerintah yang memiliki wewenang tak mudah dan tidak bisa mengatur masing – masing sisi kehidupan warganya masing – masing atau terbatas kepada hubungan terhadap bidang – bidang tertentu.

Pengertian, Sejarah Dan Contoh Liberalisme | ilmuhewan | 4.5