Pengertian, Jenis-Jenis, Manfaat dan Contoh Fermentasi

By On Sabtu, November 10th, 2018 Categories : Ilmu Kesehatan

Pengertian, Jenis-Jenis, Manfaat dan Contoh Fermentasi – Agar mendapatkan sesuatu yang berbeda, pengolahan makanan dapat dilakukan dengan berbagai metode.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan olahan baru yang bisa digunakan sebagai obat atau menambah daya tarik pada makanan tersebut.

Pengertian, Jenis-Jenis, Manfaat dan Contoh Fermentasi

Pengertian, Jenis-Jenis, Manfaat dan Contoh Fermentasi

Salah satu pengolahan makanan dengan cara mengawetkan adalah teknik fermentasi. Fermentasi ini dapat dilakukan pada beberapa jenis makanan. Reaksi kimia dari proses fermentasi dapat mengubah kandungan zat yang terdapat dalam suatu makanan.

Pengertian Fermentasi pada dasarnya merupakan proses menguraikan senyawa organik untuk menghasilkan energi baru. Fermentasi biasanya berkaitan erat dengan proses pembuatan atau pengawetan makanan.

Pada saat terjadi proses ini, karbohidrat akan diubah menjadi karbondioksida dan juga alkohol. Perubahan ini mengandalkan bakteri, ragi, fungi atau kombinasi dari ketiga organisme tersebut.

Beberapa orang menyatakan bahwa fermentasi dianggap sebagai proses respirasi anaerob atau penguraian karbohidrat di dalam tubuh manusia untuk mendapatkan pasokan energi setelah beraktivitas.

Teknik fermentasi ini sebenarnya merupakan reaksi kimia dengan penyesuaian beberapa unsurnya seperti glukosa, karbohidrat, etanol, dan lain sebagainya. Selain itu, fermentasi juga dipengaruhi oleh keberadaan oksigen di sekitarnya.

Jenis fermentasi yang dikenal ada tiga jenis jika dilihat dari produk yang dihasilkannya. Pertama adalah homofermentatif yang merupakan fermentasi dengan hasil akhirnya berupa asal laktat.

Kedua adalah heterofermentatif yang merupakan fermentasi dengan hasil akhir berupa asal laktat dan etanol. Ketiga adalah fermentasi alkohol yang merupakan pemunculan reaksi mengubah glukosa menjadi etanol atau etil alkohol.

Sementara, jika dilihat berdasarkan proses yang dihasilkan oleh mikroba, fermentasi dibagi menjadi tiga jenis yakni fermentasi yang memproduksi sel mikroba (biomass), fermentasi yang menghasilkan enzim dari mikroba, dan fermentasi yang menghasilkan metabolit mikroba.

Manfaat fermentasi salah satunya dapat menjadikan makanan olahan yang dihasilkan memiliki perbedaan misal kandungan gizinya lebih tinggi.

Selain itu fermentasi juga dapat memunculkan zat prebiotik yang bermanfaat bagi tubuh. Proses fermentasi pun dapat menghilangkan zat antinutrisi dalam makanan tertentu.

Baca Juga :

Beberapa hasil olahan dari fermentasi ini beraneka ragam mulai dari makanan hingga minuman beralkohol. Misalnya seperti yoghurt yang diolah dari susu, tempe yang merupakan fermentasi kedelai, oncom yang merupakan fermentasi ampas tahu, tape yang merupakan fermentasi dari singkong, dan masih banyak lagi.

Pengertian, Jenis-Jenis, Manfaat dan Contoh Fermentasi | ilmuhewan | 4.5