Pengertian Imperialisme dan Kolonialisme

By On Senin, November 12th, 2018 Categories : Info Lainnya

Pengertian Imperialisme dan Kolonialisme – Imperialisme berasal dari kata “imperare” yang artinya memerintah. Pengertian Imperialisme merupakan sistem politik di mana suatu pihak bertujuan untuk memperoleh kekuasaan dan keuntungan atas negara lain.

Pihak ini ingin menguasai negara tersebut secara paksa agar mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Metode yang digunakan tidak harus menggunakan kekerasan, namun lebih banyak menggunakan kekuatan agama, ideologi, atau lainnya sehingga dapat mempengaruhi pihak lain yang ingin diambil keuntungannya.

Berdasarkan periode terjadinya, imperialisme dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Imperialisme Kuno

Imperialisme kuno terjadi di sekitar abad ke-15 sampai abad pertengahan. Imperialisme kuno ini muncul terutama akibat adanya semboyan 3G, yaitu Gold, Gospel, dan Glory.

Maksudnya, sebuah negara ingin menjajah negara lain karena ingin mendapatkan kekayaan, mendapatkan kejayaan, dan juga menyebarkan agama.

  • Imperialisme Modern

Imperialisme modern terjadi setelah adanya revolusi industri sampai ke akhir perang dunia ke-2. Adanya revolusi industri menyebabkan meningkatnya kebutuhan atas bahan mentah yang diperlukan untuk mengembangkan industri. Hasilnya, suatu negara ingin menjajah negara lain yang kaya akan bahan mentah yang diperlukan.

  • Imperialisme Ultramodern

Imperialisme ultramodern terjadi setelah akhir perang dunia ke-2 sampai sekarang. Imperialisme ultramodern cenderung mengarah pada penguasaan ideologi atau ekonomi.

Pengertian Kolonialisme

Kata kolonialisme diambil dari kata koloni yang memiliki arti pemukiman. Pengertian Kolonialisme merupakan upaya suatu pihak atau negara untuk menguasai wilayah negara lain agar bisa mendapatkan kekayaan yang dimiliki negara lain tersebut.

Kolonialisme juga bermaksud menguasai segala kekayaan seperti sumber daya alam, wilayah, sumber daya manusia, dan juga perdagangannya. Kolonialisme ini biasanya dilakukan secara paksa, misal dengan cara peperangan menggunakan senjata.

Persamaan dan Perbedaan antara Imperialisme dan Kolonialisme

Imperialisme dan kolonialisme sama-sama menguntungkan negara penguasa serta merugikan negara yang menjadi korbannya.

Baca Juga :

Perbedaan antara imperialisme dan kolonialisme yaitu kolonialisme bertujuan untuk menguras habis sumber daya korbannya untuk dibawa kembali ke negara penguasa, sedangkan imperialisme bertujuan untuk menanamkan pengaruh ideologi, politik, atau agama terhadap negara korbannya.

Pengertian Imperialisme dan Kolonialisme | ilmuhewan | 4.5