Pengertian Hukum Adat

By On Sabtu, Februari 2nd, 2019 Categories : Hukum

Pengertian Hukum Adat –¬†Seringkali kita tidak menyadari bahwa kita sedang mengikuti adat istiadat yang berlaku di daerah tempat kita tinggal.

Padahal ketika kita lahir atau tinggal disuatu tempat di negara manapun, maka mau tidak mau kita dapat terjerumus pada adat istiadat setempat, baik banyak maupun sedikit.

Tak terkecuali khususnya Negara Indonesia, yang memiliki banyak sekali keaneka ragaman adat istiadat pada daerah-daerah tertentu.

Banyaknya pulau-pulau maupun daerah-daerah dalam Negeri ini membuat kita sebagai warganya pasti juga mengikuti budaya yang dijalankan pada daerah yang ditempati.

Namun, jika kita membicarakan adat istiadat, maka juga terdapat hukum yang berlaku didalamnya yang disebut dengan hukum adat.

Hukum adat merupakan peraturan yang berupa norma serta sanksi dalam membatasi tingkah laku yang bersumber dari kaidah sosial dalam masyarakat setempat untuk dihormati, ditaati, dan dijalani.

Perlu kita ketahui bahwa norma yang diatur pada masyarakat setempat dijalankan dengan sendirinya tanpa adanya aturan yang tertulis secara sah ataupun dilegalkan.

Akan tetapi, walaupun hukum ini tidak tertulis secara sah seperti Undang-Undang yang berlaku di Negara Indonesia, namun masyarakat setempat dapat menghormati dan meyakini bahwa hukum adat setempat perlu dijalankan demi kebaikan bersama.

Hukum adat ini lahir sebagai akibat dari kesamaan tempat tinggal ataupun dasar keturunan yang dimiliki oleh sekelompok orang tertentu ataupun masyarakat tertentu dari suatu tempat. Sehingga mereka membuat norma yang kemudian berkembang dan dipertahankan oleh masyarakatnya.

Walaupun hukum adat ini adalah norma yang berlaku dimasyarakat, akan tetapi hukum ini dapat elastis dan menyesuaikan diri dimana seseorang ataupun tempat itu berada.

Mungkin memang sebagian dari kita merasa bahwa beberapa hukum adat tersebut dapat melanggar hal-hal lain yang berlaku juga dalam kehidupan yang kita jalani.

Akan tetapi, sadar tidak sadar hukum adat ini dapat membuat persatuan yang menciptakan kedamaian bagi masyarakat setempat yang menjalaninya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian hukum adat, semoga bagi kita yang tinggal pada suatu daerah, dapat lebih menghormati hukum adat setempat walaupun tidak menjalankannya.

Baca Juga : Pengertian Hukum Adat

Pengertian Hukum Adat | ilmuhewan | 4.5