Pengertian Hiposentrum dan Episentrum

By On Kamis, April 25th, 2019 Categories : Info Lainnya

Pengertian Hiposentrum dan Episentrum – Hiposentrum dan Episentrum erat kaitannya dengan gempa bumi. Gempa bumi umumnya disebabkan karena permukaan bumi yang tidak rata, sehingga bisa muncul getaran baik di dalam maupun di atas pemukaan bumi.

Gempa bumi bisa terjadi karena adanya tektonisme atau vulkanisme. Tektonisme merupakan gerakan akibat adanya tekanan di dalam bumi, sedangkan vulkanisme disebabkan adanya gerakan magma di dalam bumi.

Hiposentrum adalah sumber atau tempat peristiwa yang menyebabkan terjadinya gempa, yang terletak di bagian dalam lapisan bumi.

Jika penyebab gempa adalah patahan kerak bumi, maka hiposentrumnya berbentuk garis. Jika penyebab gempa adalah gunung berapi atau tanah yang roboh, hiposentrumnya berbentuk titik. Persebaran hiposentrum gempa di bumi seletak dengan pertemuan dua lempeng kerak bumi.

Semakin dekat dengan hiposentrum, maka gempa akan sem akin terasa, kerusakan yang ditimbulkan juga akan semakin besar.

Berdasarkan kedalaman hiposentrumnya, gempa dibagi menjadi gempa bumi dangkal, gempa bumi sedang, dan gempa bumi dalam. Gempa bumi dangkal jika hiposentrumnya di atas 60km, bersifat merusak karena letaknya dekat dengan permukaan bumi, Gempa bumi sedang jika kedalamannya di antara 60 – 300 km, dan gempa bumi dalam jika kedalaman lebih dari 300 km, tidak bersifat merusak dan hanya dapat dideteksi dengan alat bantu pendeteksi gempa.

Episentrum adalah titik atau garis pada permukaan bumi, tegak lurus di atas hiposentrum. Pada episentrum getaran gempa pertama kali muncul ke permukaan bumi, dimana getaran permukaan mulai dirambatkan secara horizontal ke segala arah. Episentrum juga gelombang, hasil dari titik hiposentrum. Metode yang digunakan untuk mengukur episentrum disebut metode LASKA. Metoda LASKA adalah metode yang menghitung selisih datangnya gelombang primer dan sekunder saat terjadi gempa.

Berdasarkan episentrumnya, gelombang dibagi menjadi gelombang primer dan gelombang sekunder. Gelombang primer adalah gelombang merambat yang berasal dari pusat gempa, bersifat cepat dan merusak. Gelombang sekunder adalah gelombang yang merambat dengan kecepatan yang lebih lambat dibanding gelombang primer, kekuatannya lebih lemah dibanding gelombang primer.

Pengertian Hiposentrum dan Episentrum | ilmuhewan | 4.5