Pengertian Dan Rumus Transformator

By On Selasa, Februari 5th, 2019 Categories : Fisika

Pengertian Dan Rumus Transformator – Tahukah kalian apa itu Transformator? Transformator atau nama lainnya adalah transformer atau trafo, merupakan alat untuk mengaliri tegangan listrik.

Berkat adanya transformator, kita bisa menikmati media yang menggunakan listrik di rumah kita, seperti cahaya lampu, mengisi baterai dari smartphone atau laptop, menonton televisi, menggunakan kulkas dan lain sebagainya.

Transformator tersusun dari dua kumparan yang bersifat feromagnetik (benda yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet). Dari kedua kumparan transformator terdiri dari kumparan primer dan kumparan tersier.

Transformator terdiri dari dua jenis, yaitu transformator step up dan transformator step down. Selengkapnya sebagai berikut :

Transformator Step Up

Tranformator step up ini memiliki fungsi untuk menaikan tegangan listrik dari generator listrik. Transformator Step Up memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini :

  • Jumlah lilitan yang ada pada kumparan sekunder jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan lilitan kumparan primer.
  • Tegangan primer lebih sedikit dibandingkan tegangan sekunder
  • Kuat arus pada lilitan primer lebih kecil jika dibandingkan dengan kuat arus pada lilitan sekunder.

Transformator Step Down

Jika transformator berfungsi untuk menaikan tegangan listrik, maka transformator step down adalah kebalikannya, yaitu untuk menurunkan tegangan listrik. Adapun ciri-ciri pada transformator step down adalah sebagai berikut ini :

  • Pada transformator step down jumlah kumparan lilitan pada kumparan primer jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah lilitan pada kumparan sekunder.
  • Tegangan primer nya jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan tegangan sekunder.
  • Kuat arus primer jauh lebih besar daripada kuat arus sekunder.

Selain itu pada Transformer juga terdapat inti besi yang terbuat dari lempengan-lempengan besi dan memiliki fungsi untuk mempermudah jalan fluksi, yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melalui kumparan.

Rumus Transformator

Keterangan:

Vs      = Tegangan sekunder (Volt)
Vp     = Tegangan primer (Volt)
Np     = Jumlah lilitan primer
Ns     = Jumlah lilitan sekunder
Ip      = Kuat arus primer (A)
Is       = Kuat arus sekunder (A)

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian dan rumus transformator. Transformator memiliki peranan yang sangat penting bukan?

Pengertian Dan Rumus Transformator | ilmuhewan | 4.5