Pengertian dan Perbedaan Cuaca dan Iklim

By On Senin, Oktober 8th, 2018 Categories : Lingkungan

Pengertian dan Perbedaan Cuaca dan IklimCuaca adalah suatu keadaan udara yang terjadi pada wilayah atau daerah tertentu dan periode waktu yang tidak lama. Cuaca akan berlangsung cepat ini disebabkan oleh perbedaan suhu dan kelembaban udara.

Pengertian dan Perbedaan Cuaca dan Iklim

Pengertian dan Perbedaan Cuaca dan Iklim

Perbedaan pada suhu dan kelembaban udara akan menciptakan cuaca yang berbeda. Setiap wilayah menpunyai cuaca yang berbeda ini disebabkan oleh suhu dan kelembaban dan disertai dengan perbedaan lintang bumi yang dilalui oleh matahari.

Selain itu cuaca tidak hanya dipengaruhi oleh matahari dan sebab lain yaitu dengan adanya corona. Corona adalah aura plasma yang mengelilingi bintang-bintang dan matahari yang diluar angkasa.

Pengertian iklim

Pengertian Iklim adalah suatu kondisi cuaca yang sangat lama dan terjadi pada periode waktu yang sangat lama dan wilayah yang sangat luas. Iklim biasa terjadi  12 sampai 30 tahun, ini disebabkan oleh topografi dan geografis suatu wilayah yang disebabkan oleh kondisi matahari yang mengelilingi bumi.

Pada posisi matahari terletak pada garis khatulistiwa akan menyebabkan wilayah tersebut akan mengalami iklim tropis dan wilayah yang jauh dengan matahari akan mengalami iklim kutub atau iklim dingin biasa terletak pada wilayah kutub. Sebab itu bumi memiliki banyak iklim yang dipengaruhi oleh perubahan suhu wilayah dan relatif suatu wilayah.

Baca Juga : Pengertian Karya Ilmiah

Perbedaan cuaca dan iklim

Setelah kita mengetahui pengertiann cuaca dan iklim kita bisa menbedakan antara cuaca dan iklim. Walaupun keduanya memiliki perbedaan, cuaca dan iklim juga menpunyai kesamaan yaitu suhu, udara, kelembaban udara, dan letak matahari.

Perbedaann cuaca dan iklim dari sudut keilmuan, ilmu yang menpelajari cuaca adalah meteorologi sedangkan ilmu yang mempelajari iklim adalah klimotologi.

  1. Cuaca hanya memiliki cakupan wilayah yang sempit dan terjadi cepat, sedangkan iklim terjadi pada wilayah yang sangat luas dan periode waku yang lama
  2. Untuk mengamati cuaca kita bisa melakukan dalam 1 hari sedangkan untuk mengamati iklim diperlukan waktu sekita 12 sampai 30 tahun.
  3. Cuaca dapat berubah dengan cepat sedangkan iklim sangat sangat sulit berubah
  4. Untuk memperkirakan cuaca sangat mudah karena berubah-ubah tiap hari sedangkan iklim akan sangat sulit

Baca Juga : Pengertian Seni Musik

Pengertian dan Perbedaan Cuaca dan Iklim | ilmuhewan | 4.5