Pengertian dan Manfaat Budaya atau Kebudayaan

By On Selasa, Januari 29th, 2019 Categories : Sosial dan Budaya

Pengertian dan Manfaat Budaya atau Kebudayaan –¬†Disetiap negara pasti memiliki kebudayaan yang berbeda-beda, perbedaan itu karena banyak hal salah satunya adalah letak geografis.

Pengertian Kebudayaan dapat diartikan sebagai hasil dari cipta, rasa dan karsa manusia guna melengkapi kebutuhan hidup yang kompleks berupa keyakinan, ilmu pengetahuan, kesusilaan, kesenian, hukum adat dan norma-norma.

Budaya adalah sesuatu yang diturunkan secara genetis dari satu generasi ke generasi berikutnya. Budaya juga merupakan sesuatu yang dapat dipelajari, terbukti dengan banyaknya siswa pertukaran budaya, tugas mereka adalah mempelajari budaya dari bangsa lain untuk dibawa ke negara asal mereka.

Ada beberapa manfaat budaya atau kebudayaan yang perlu anda ketahui, antaranya adalah :

  1. Sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Budaya yang dimiliki oleh suatu bangsa memiliki banyak manfaat , salah satu manfaat tersebut adalah sebagai alat pemersatu bangsa. Di Indonesia sendiri terdapat banyak  budaya lokal yang ada di suku-suku dan daerah masing-masing masyarakatnya. Perbedaan budaya tersebut meliputi perbedaan bahasa, baju adat, masakan, hingga adat istiadat.

  1. Sebagai Identitas Bangsa

Budaya sangat berfungsi untuk memberikan identitas bagi suatu bangsa. Hal itu disebabkan karena budaya selalu bersifat unik dan tidak akan sama dengan budaya dari bangsa lain. Kebudayaan bangsa jika dilestarikan dengan baik akan memberikan banyak dampak positif bagi suatu bangsa.

  1. Menguatkan Sikap Nasionalisme Masyarakat

Manfaat yang lain adalah kebudayaan akan memberikan rasa cinta terhadap tanah air yang sangat kuat. Terlebih jika kebudayaan yang dimiliki sangat menarik dan patut untuk dilestarikan. Masyarakat akan lebih mencintai bangsanya dengan begini dunia akan melihat bahwa bangsa tersebut adalah bangsa yang menarik karena bisa menghargai citra dari bangsanya sendiri.

  1. Memperkaya Kebudayaan Nasional

Kebudayaan memiliki beberapa jenis, yakni kebudayaan lokal dan kebudayaan nasional. Kebudayaan lokal adalah kebudayaan yang dimiliki oleh suatu suku yang berdiam di daerah. Sedangkan kebudayaan nasional adalah kebudayaan suatu negara yang berisi kebudayaan-kebudayaan lokal yang mencerminkan kebudayaan yang ada di masyarakat secara keseluruhan.

Pengertian dan Manfaat Budaya atau Kebudayaan | ilmuhewan | 4.5