Pengertian dan Jenis Motivasi

By On Senin, Maret 25th, 2019 Categories : Info Lainnya

Pengertian dan Jenis Motivasi – “Aduh, aku kehilangan motivasi nih.”

Pernah mendengar pernyataan itu dari orang-orang di sekitar kita? Atau justru kita sendiri yang pernah mengalami kehilangan motivasi? Namun, sebenarnya apa motivasi itu? Yuk kita cari tahu lebih dalam tentang motivasi!

Beberapa ahli memiliki pendapat masing-masing terkait pengertian dari motivasi. Menurut Mc. Donald, motivasi merupakan perubahan energi dalam diri seorang yang ditandai dengan munculnya perasaan dan tanggapan berupa adanya tujuan.

Sedangkan Weiner menyatakan bahwa motivasi adalah kondisi internal yang dapat membangkitkan seseorang untuk tertarik dalam kegiatan tertentu, bertindak, dan mencapai tujuan tertentu.

Sementara itu, Tabrani Rushan mengemukakan pendapatnya, kalau motivasi adalah kekuatan yang mendorong seseorang melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan. Lain lagi dengan Heinz Kock yang berpendapat bahwa motivasi adalah adalah suatu bentuk pengembangan dari keinginan untuk melakukan sesuatu.

Para ahli juga memberikan berbagai pendapatnya tentang mengelompokkan motivasi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan sumbernya, motivasi dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:

  1. Motivasi intrinsik

Pengertian Motivasi Adalah keinginan untuk mencapai suatu tujuan karena adanya dorongan dari dalam diri sendiri, tanpa adanya pengaruh dari orang lain atau faktor dari luar dirinya. Faktor-faktor yang menjadi dorongan dalam motivasi intrinsik adalah kebutuhan, harapan, dan minat. Contoh dari motivasi intrinsik adalah motivasi seseorang untuk bekerja untuk mendapatkan uang dan memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

  1. Motivasi ekstrinsik

Adalah keinginan untuk melakukan suatu tindakan dan mencapai sebuah tujuan karena adanya faktor dorongan dari luar dirinya. Faktor-faktor yang menjadi dorongan bagi motivasi ekstrinsik adalah dorongan keluarga, lingkungan, dan imbalan. Contoh dari motivasi ekstrinsik adalah motivasi seseorang untuk memenangkan sebuah perlombaan karena hadiah yang akan diberikan pada para pemenang.

Sementara itu, ada pula ahli yang membedakan motivasi berdasarkan sifatnya, yaitu:

  1. Motivasi positif

Merupakan bentuk motivasi yang didapatkan karena adanya hadiah atau imbalan positif dari orang lain ataupun dari dirinya sendiri. Dengan adanya hadiah atau imbalan positif tersebut, seseorang akan termotivasi untuk bertindak.

  1. Motivasi negatif

Merupakan bentuk motivasi yang didapatkan karena akan adanya hukuman jika tidak melakukan suatu tindakan atau tidak mencapai standar tertentu.

Sekarang kita sudah mengetahui lebih banyak tentang motivasi, semoga kita bisa lebih memotivasi diri sendiri dan orang lain dengan positif, ya!

Pengertian dan Jenis Motivasi | ilmuhewan | 4.5