Pengertian Dan Hikmah Beriman Kepada Malaikat

By On Selasa, Desember 11th, 2018 Categories : PAI

Pengertian Dan Hikmah Beriman Kepada Malaikat – Rukun Iman yang kedua dalam ajaran Agama Islam adalah beriman yang dilakukan kepada para malaikat. Nah apabila anda sudah melakukan rukun kedua ini yaitu beriman kepada malaikat dan Allah yang merupakan rukun Iman pertama maka sudah seharusnyalah anda juga harus mampu mengimani bahwa di dalam jiwa dan hati serta pikiran ada malaikat baik hati karena kondisi inilah melandasi terjadinya satu kesatuan.

Yang dimaksud dengan malaikat dalam hal tersebut di atas adalah salah satu makhluk terbaik ciptaan Allah yang wujudnya tak mampu dilihat oleh mata manusia kecuali bagi siapa saja yang Dia / Beliau kehendaki untuk melihat.

Kami rangkum dari berbagai sumber berita di bawah ini akan mencoba memaparkan beberapa informasi mengenai keberadaan malaikat Allah di permukaan Bumi ini.

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa malaikat berbeda sekali dengan manusia dimana manusia diciptakan oleh Allah berasal dari tanah sedangkan malaikat diciptakan oleh Allah dari cahaya / ‘nur’.

Beriman kepada malaikat adalah sebuah keyakinan bahwa malaikat yang dimaksud ada meskipun anda sebagai manusia tak mampu untuk melihat dengan kedua mata kalian, kecuali pada kondisi tertentu yaitu untuk siapa yang Allah kehendaki buat melihat salah satu wujud malaikat contohnya adalah Nabi Muhammad SAW, atau Nabi Ibrahim AS. Malaikat – malaikat ini merupakan mahkluk – mahluk ciptaan Allah yang di dalam sepanjang waktu beliau hidup adalah untuk menyembah Allah dan sangat taat kepada ajaran – ajaran Allah.

Tidak pernau mau untuk melakukan dosa, dan di permukaan Bumi ini tak satu pun manusia mengetahui berapa jumlah pasti dari malaikat, hanya Allah yang mampu menolong. Meskipun demikian, anda wajib merenung bahwa sejak zaman dahulu, Bumi memiliki 10 malaikat besar beserta tugasnya masing – masing.

Bagi orang – orang yang beriman, kepada Allah dan rasul-Nya serta kitab yang diturunkan oleh Allah jauh – jauh hari sebelum manusia di permukaan Bumi ini semakin berkembang dan membesar, kitab yang dimaksudkan sebenarnya merupakan salah satu wujud Allah di dalam membimbing manusia agar sekali waktu melihat salah satu wujud malaikat.

Nah barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat – malaikat – Nya, kitab – kitab – Nya, serta rasul – rasul – Nya maka di masa depan atau hari kemudian sesungguhnya orang – orang tersebut telah tersesat sejauh – jauhnya.

Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Anda kemungkinan besar akan memperoleh hikmah beriman kepada malaikat yang memiliki manfaat besar untuk menjalani kehidupan sehari – hari dimana hikmah yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  1. Mampu meningkatkan iman dan takwa seorang manusia kepada Allah Swt. dimana dengan hanya mengingat bahwa malaikat itu ada merupakan salah satu ciptaan Allah termulia dan siapapun yang beriman kepada Allah maka sudah seharusnya mereka beriman juga kepada malaikat.
  2. Memberi peringatan kepada manusia agar senantiasa berhati – hati ketika akan melakukan suatu perbuatan yang cenderung menjauhi malaikat dan Allah.
  3. Mendorong manusia untuk mampu berkesinambungan guna meningkatkan amal baik karena kebaikan sekecil apapun pasti akan dicatat oleh Allah.
  4. Membantu menghindarkan manusia dari segala perbuatan – perbuatan buruk dan tercela.
  5. Mendorong kaykinan manusia akan kebesaran Allah Swt. bertambah besar.
  6. Mendorong manusia untuk berlomba – lomba   dalam kebaikan.

Demikian postingan kami kali ini tentang definisi, dan hikmah beriman kepada malaikat, untuk dibaca oleh yang membutuhkan dan semoga bermanfaat !

Pengertian Dan Hikmah Beriman Kepada Malaikat | ilmuhewan | 4.5