Pengertian dan Contoh Ekologi

By On Kamis, Februari 21st, 2019 Categories : Lingkungan

Pengertian dan Contoh Ekologi – Pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian dari ekologi beserta contohnya.

Pengertian dan Contoh Ekologi

Pengertian dan Contoh Ekologi

Untuk lebih jelasnya, simak pemaparan di bawah ini.

Pengertian Ekologi

Berasal dari kata yunani “oikos” yang memiliki arti habitat dan “logos” yang memiliki arti ilmu, dapat disimpulkan bahwa ekologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai hubungan timbal balik antar satu individu dengan individu lain atau kelompok dalam suatu lingkungan. Dengan kata lain, ekologi adalah sebuah cabang ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup beserta ekosistemnya.

Dengan adanya Ekologi akan sangat memberi dampak positif dalam kehidupan manusia, seperti mengetahui kebaragaman hayati, mengetahui perilaku makhluk hidup lain, mengetahui peran manusia itu sendiri di dalam ekosistem, selain itu juga bisa memecahkan permasalahan pangan, kesehatan, energy dan lain-lain.

Selain itu, Ekologi juga memiliki ruang lingkup, yakni sebagai berikut :

  1. Individu
  2. Populasi
  3. Komunitas
  4. Ekosistem
  5. Biosfer

Contoh Ekologi

Selanjutnya kita akan membahas mengenai contoh dari ekologi. Kita akan mengambil contoh dari Ekologi berdasarkan jenisnya, yakni sebagai berikut :

  • Ekologi Padang Rumput

Ekologi ini ditumbuhi oleh beragam rerumputan seperti alang-alang, rumput liar dan lain-lain yang pada umumnya membutuhkan paparan sinar matahari untuk keberlangsungan hidupnya.

  • Ekologi Hutan

Ekologi ini ditumbuhi beragam pohon dimana di dalamnya dihuni oleh hewan-hewan yang memiliki interaksi satu sama lain.

  • Ekologi Kelautan

Misalnya saja di perairan jepang dimana terdapat arus oyashio dan arus kuroshio dimana keduanya merupakan pertemuan dari air laut dingin dan hangat sehingga menyebabkan air laut menjadi hangat dan banyak ikan yang melakukan interaksi disana.

  • Ekologi Estuaria

Misalnya pertemuan antara air laut dengan air tawan atau air yang bersumber darimanapun dan di perairan tersebut telah hidup organisme yang bisa beradaptasi. Contohnya ikan yang menggunakan tempat tersebut sebagai media untuk membesarkan anaknya atau bertelur.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pengertian dan contoh ekologi

Sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Baca Juga : Proses Terjadinya Hujan

Pengertian dan Contoh Ekologi | ilmuhewan | 4.5