Pengertian dan Contoh Budaya Politik

By On Jumat, Februari 8th, 2019 Categories : Hukum

Pengertian dan Contoh Budaya Politik – Budaya politik adalah suatu pola perilaku masyarakat dalam kehidupan bernegara, penyelenggaraan administrasi negara, politik, hukum, dan norma-norma serta kebiasaan yang dihayati oleh seluruh anggota masyarakat dalam setiap saat.

Budaya politik juga dapat diartikan sebagai suatu sistem nilai bersama dari suatu masyarakat yang memiliki kesadaran untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan bersama-sama dan penentuan kebijakan publik untuk keseluruhan lapisan masyarakat itu sendiri.

Ada beberapa pengertian budaya politik menurut para ahli, diantaranya:

  1. Austin Ranney : Budaya politik merupakan seperangkat paradigma tentang politik dan pemerintahan yang dipegang secara bersama-sama; sebuah pola orientasi-orientasi terhadap objek-objek politik.
  2. Alan R. Ball : Budaya politik merupakan suatu tatanan yang terdiri dari sikap, kepercayaan, emosi dan nilai-nilai masyarakat yang saling berhubungan dengan sistem politik dan isu-isu politik.
  3. Miriam Budiardjo : Budaya politik ialah keseluruhan dari paradigma politik, seperti norma-norma, pola-pola orientasi terhadap politik dan pandangan hidup pada umumnya.
  4. Gabriel A. Almond dan G. Bingham Powell, Jr. : Budaya politik mengandung sikap, keyakinan, nilai dan keterampilan yang berlaku bagi seluruh populasi, juga kecenderungan dan pola-pola khusus yang terdapat pada bagian-bagian tertentu dari populasi.
  5. Sidney Verba : Budaya politik merupakan suatu sistem kepercayaan empirik, simbol-simbol ekspresif dan nilai-nilai yang menegaskan suatu situasi dimana tindakan politik dilakukan.
  6. Gabriel A. Almond : Budaya politik merupakan dimensi psikologis dari suatu sistem politik yang juga mempunyai peranan penting berjalannya sebuah sistem politik.
  7. Marbun : Budaya politik ialah paradigma politik yang mempengaruhi sikap, orientasi, dan pilihan politik seseorang, dan budaya politik ini lebih mengutamakan dimensi psikologis dari suatu sistem politik yaitu sikap, sistem kepercayaan, simbol yang dimiliki individu dan yang dilaksanakan dalam masyarakat.
  8. Larry Diamond : Budaya politik ialah keyakinan, sikap, nilai-nilai, ide-ide, sentimen dan evaluasi suatu masyarakat tentang sistem politik negeri mereka dan peran masing masing individu dalam sistem itu.
  9. Mochtar massoed : Budaya politik merupakan sikap dan orientasi warga suatu negara terhadap kehidupan pemerintahan negara dan politiknya.
  10. Robert Dahl : Budaya politik ialah satu faktor yang memaparkan pola-pola yang berbeda mengenai pertentangan politik.
  11. Roy Macridis :Budaya politik ialah sebagai tujuan bersama dan peraturan yang diterima bersama.
  12. Dennis Kavanagh : Budaya politik yakni sebagai pernyataan untuk menyatakan lingkungan perasaan dan sikap bagaimana sistem politik itu berlangsung.
  13. Rusadi Kantaprawira : Budaya politik adalah persepsi manusia, pola sikapnya terhadap berbagai masalah politik dan peristiwa politik terbawa pula ke dalam pembentukan struktur dan proses kegiatan politik masyarakat maupun pemerintah(an), karena sistem politik itu sendiri adalah interrelasi antara manusia yang menyangkut soal kekuasaan, aturan dan wewenang (Kantaprawira, 1999:26).
  14. Aaron Wildavskus : Budaya politik secara luas menjelaskan orang-orang yang menganut nilai-nilai, keyakinan – keyakinan, dan pilihan – pilihan yang melegitimasi jalan hidup yang berbeda-beda (menekankan pada keterbukaan terhadap berbagai pendekatan dalam kajian budaya politik.
  15. Brown (1977) : Budaya Politik sebagai persepsi subyektif tentang sejarah dan politik, keyakinan dan nilai-nilai mendasar, lokus identifikasi dan loyalitas, serta pengetahuan dan harapan-harapan politik yang merupakan produk dari pengalaman sejarah khusus dari bangsa/kelompok.
  16. White ( 1979 ) : Budaya politik sebagai matriks sikap dan perilaku dimana system politik berada.

Ada tiga jenis budaya politik yang di ketahui yaitu budaya politik parokial, budaya politik subjek, dan budaya politik partisipan. Budaya politik parokial adalah budaya politik dengan ruang lingkup yang sempit dan kecil. Umumnya mereka yang menggunakan budaya politik seperti ini adalah masyarakat tradisional seperti petani atau tinggal di desa yang terpencil. Pada budaya politik parokial, pemimpin politik kerap kali memiliki peran ganda terutama dalam bidang ekonomi, agama, dan budaya.

Pada budaya politik subjek, masyarakat secara pasif cenderung patuh pada pejabat pemerintahan dan undang-undang serta memiliki minat dan perhatian terhadap sebuah sistem politik. Masyarakat juga sudah sangat memperhatikan keputusan politik. Walau demikian, masyarakat juga kurang memiliki kesadaran sebagai seorang aktor politik itu sendiri.

Pada budaya politik partisipan, masyarakat berpartisipasi langsung dalam kegiatan-kegiatan politik seperti membentuk organisasi politik maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM). Masyarakt juga dapat memberi masukan pada pemerintah dan aktif dalam proses pemilu. Umumnya masyarakt tidak dapat menerima sebuah keputusan maupun kebijakan politik secara serta merta.

Pengertian dan Contoh Budaya Politik | ilmuhewan | 4.5