Pengertian Dan Cara Mengobati Penyakit Katarak

By On Jumat, Februari 15th, 2019 Categories : Kesehatan

Pengertian Dan Cara Mengobati Penyakit Katarak – Kita sebagai manusia yang terlahir normal sebaiknya selalu bersyukur atas apa yang sudah diberikan oleh Tuhan untuk kita, terkadang tanpa kita sadari banyak sekali hal-hal yang patut disyukuri atas kenikmatan besar yang diberikan oleh Tuhan untuk kita.

Salah satu kenikmatan besar itu adalah kemampuan kita dalam melihat. Dengan bola mata yang diberikan Tuhan, itu sangat membantu kita dalam melihat betapa indahnya ciptaan Tuhan.

Namun cukup disayangkan jika kita tidak dapat melihat indahnya dunia dengan mata yang tidak normal, berbagai aktivitaspun juga akan terganggu apabila kita tidak memiliki mata yang tidak sehat.

Salah satu contohnya adalah apabila seseorang mempunyai penyakit katarak pada matanya. Hal ini akan menjadi sulit bagi seseorang yang mempunyai penyakit tersebut untuk dapat melihat dan beraktivitas.

Biasanya orang yang terkena penyakit ini adalah orang yang sudah lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan bagi orang-orang yang lebih muda terkena penyakit tersebut dengan berbagai macam faktor. Pada artikel ini, akan lebih membahas mengenai pengertian dan cara mengobati penyakit katarak:

Pengertian Penyakit Katarak

Penyakit yang terjadi pada mata, khususnya dibagian lensa mata yang menjadi keruh sehingga orang yang memiliki penyakit tersebut tidak dapat melihat dengan jelas atau buram, dimana tingkatan dari keburaman tersebut bervariasi dimulai dari sedikit hingga keburaman total.

Cara Mengobati Penyakit Katarak

Berikut adalah beberapa cara ataupun usaha dalam mengobati penyakit katarak:

  1. Apabila gejala penyakit katarak sudah muncul, segera konsultasikan ke dokter spesialis mata.
  2. Jangan biarkan mata terkena sinar matahari secara langsung.
  3. Membatasi atau mengatur kadar gula.
  4. Menyesuaikan pencahayaan dirumah dengan kondisi mata.
  5. Apabila masih dalam stadium ringan, gunakanlah obat tetes untuk mata.
  6. Namun, apabila penyakit katarak tersebut semakin parah, sebaiknya lakukanlah operasi mata untuk katarak dengan dokter yang terpercaya. Lakukanlah operasi ini sesuai dengan stadium katarak yang diderita.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan cara mengobati penyakit katarak. Semoga bagi kita yang telah membaca dan memahaminya dapat menambah ilmu serta wawasan yang bermanfaat bagi sesama.

Jangan lupa, jaga dan rawat mata kalian.

Pengertian Dan Cara Mengobati Penyakit Katarak | ilmuhewan | 4.5