Pengertian, Bentuk, Dan Ciri Galaksi

By On Rabu, Januari 16th, 2019 Categories : Astronomi

Pengertian, Bentuk, Dan Ciri Galaksi – Pengertian Galaksi adalah berasal dari Bahasa Yunani yaitu ‘Galaxias’, mengandung makna segala sesuatu yang menyerupai susu karena yang terlihat pada waktu itu adalah pita putih samar – samar di angkasa.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang ulasan kami mengenai Galaksi maka melalui artikel kami kali ini akan membahas hal – hal apa saja yang berhubungan dengan pengertian, bentuk, dan ciri Galaksi.

Dalam perkembangan di masa depan, Galaxias berubah istilah menjadi ‘Nebula Spiral’ yaitu khusus terhadap objek – objek tertentu lalu berganti lagi menjadi ‘Island Universe’ yang artinya pulau / alam semesta, selanjutnya dibakukan menjadi ‘Universe’ mengandung makna tentang keseluruhan jagad raya / Galaksi.

Bentuk – Bentuk Galaksi

Galaksi menyimpan beragam bentuk yang bisa dibeda – bedakan dilihat dari sudut ‘morfologi’ yaitu sebagai berikut :

1. Bentuk Elips

Seperti namanya, Galaksi ini memiliki penampakan dari permukaan bumi seperti bentuk elips dimana termasuk di dalamnya adalah bentuk bundar atau ‘bola pepat’.

Mempunyai struktur yang samar – samar dimana kurang banyak mengandung materi dan beranggotakan bintang – bintang yang berusia sudah tua. Contohnya adalah Galaksi M87 yaitu gugusan Galaksi elips raksasa yang identik dan terdapat dalam rasi bintang Virgo.

2. Bentuk Spiral

Galaksi ini merupakan sebuah piringan raksasa beranggotakan bintang – bintang yang setiap hari berotasi, banyak mengandung materi serta memiliki pusat terdiri atas bintang – bintang berusia tua.

Di sekitar tonjolan pusat terdapat lengan – lengan berbentuk spiral yang menjorok keluar dari tonjolan pusat. Galaksi spiral berotasi dengan gerakan – gerakan yang sangat cepat dan menyebabkan Galaksi ini memiliki bentuk pipih. Contohnya adalah Galaksi Andromeda dan Galaksi Bimasakti. Nah Bumi terletak di dalam Galaksi Bimasakti ini.

3. Bentuk Tak Beraturan

Galaksi ini memiliki bentuk khusus, beranggotakan bintang – bintang termasuk bintang – bintang yang sudah berusia sangat tua.

Contoh dari Galaksi bentuk tak beraturan adalah awan Galaksi Magellan besar dan awan Galaksi Magellan kecil yang memiliki jarak sekitar 180.000 tahun cahaya yang berasal dari Bimasakti. Materi di dalam Galaksi ini adalah sebagian besar dalam bentuk gas dan debu.

Ciri – Ciri Dari Galaksi

Galaksi secara garis besar mudah dikenali karena mempunyai ciri – ciri khusus antara lain sebagai berikut :

  1. Memiliki sumber cahaya yang berasal dari lingkungan Galaksi yang dimaksud dan bukan merupakan cahaya pantulan.
  2. Jarak antar galaksi yang satu dengan galaksi lainnya adalah jutaan tahun cahaya.
  3. Galaksi terdiri dari bentuk – bentuk tertentu seperti elips, spiral, dan tak beraturan.
  4. Memiliki sistem Galaksi yang berotasi.

Sebagai bahan informasi tambahan, selain mengenal bentuk – bentuk Galaksi, ada juga beragam macam Galaksi yang dengan mudah dapat dikenali seperti : Galaksi Magellan, Ursa Mayor, Galaksi Jauh, dan Galaksi Black Eye.

Demikian kami menjelaskan semoga bermanfaat !

Pengertian, Bentuk, Dan Ciri Galaksi | ilmuhewan | 4.5