Manfaat Tes Formatif

By On Jumat, November 23rd, 2018 Categories : Bahasa Indonesia

Manfaat Tes Formatif  – Berhubungan dengan proses belajar – mengajar, penilaian merupakan hal terpenting patut untuk diberi perhatian khusus. Karena dengan dilakukannya penelitian maka dapatlah diketahui tentang tingkat keberhasilan terhadap suatu program sekaligus mengukur hasil – hasil dari suatu program, contohnya adalah penilaian yang diadakan pada masing – masing jenjang pendidikan misalnya penilaian formatif atau sumatif maupun evaluasi belajar tahap akhir.

Pengertian Tes Formatif adalah sebuah tes yang diberikan kepada siswa / wi usai penyajian satu satuan pelajaran tertentu yang berakhir. Sedangkan penilaian ‘Sumatif’ menurut Drs. Nana Sudjana dkk. adalah tes yang dilakukan ketika satu satuan pengalaman belajar sudah selesai dilakukan. Menurut Dr. Suharsimi Arikunto, Tes Sumatif adalah tes yang dilakukan setelah pemberian sekelompok program yang mencakup skala besar, berakhir.

Nah berdasarkan atas uraian tersebut di atas dapatlah anda menarik kesimpulan bahwa Tes Formatif khusus diarahkan untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan hingga dimanakah tim guru berhasil menyampaikan bahan – bahan pelajaran kepada para siswa / wi. Dimana nantinya hasil penilaian oleh guru akan digunakan untuk memperlancar atau memperbaiki proses belajar – mengajar.

Sedangkan Tes Sumatif memiliki sifat lebih mengkhusus yaitu diarahkan kepada penilaian dan pengukuran terhadap prestasi murid, hingga dimanakah dan seberapa sukses penguasaannya terhadap bahan – bahan yang diajarkan selama periode waktu tertentu.

Manfaat Tes Formatif Dan Sumatif

Kedua jenis tes ini bermanfaat besar untuk kesuksesan kelangsungan kegiatan belajar – mengajar di sekolah. Dimana Tes Formatif dan Sumatif merupakan bagian terpenting untuk mengetahui hasil penilaian akhir yang diberlakukan terhadap para siswa / wi.

Nah dengan demikian tujuan atau manfaat dari diadakannya kedua jenis tes ini adalah identik dengan manfaat terhadap penilaian – penilaian pada umumnya diberikan kepada para siswa / wi berhubungan dengan kegiatan proses belajar – mengajar yang masing – masing memiliki tujuan – tujuan tertentu.

Prinsip kegiatan yang dilakukan dengan cara penilaian tersebut di atas dimaksudkan untuk mengetahui tentang hasil akhir belajar para siswa / wi selama mereka di sekolah mengikuti program belajar – mengajar yang diberikan guna memperbaiki hasil belajar disertai dengan perbaikan kegiatan proses belajar – mengajar.

Baca Juga :

Secara garis besar dapat kami rangkum manfaat diadakannya kegiatan penilai melalui Tes Formatif dan dilanjutkan dengan Tes Sumatif adalah sebagai berikut :

  • Untuk tujuan atau manfaat memberikan dorongan dan motivasi belajar terhadap para siswa / wi.
  • Untuk memberikan dorongan atau motivasi belajar melalui cara – cara lainnya.
  • Sebagai pemenuhan kebutuhan terhadap bimbingan dan penyuluhan.
  • Sebagai bahan guna memperbaiki pengajaran.

Jadi berdasarkan atas penjelasan kami tersebut di atas jelaslah bahwa manfaat terhadap kegiatan penilaian adalah untuk mengetahui tentang kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh murid beserta kelemahan dalam hubungannya dengan proses mempelajari sesuatu / jenis – jenis pelajaran tertentu dalam rangka mengatasi kesulitan – kesulitan yang dihadapi selama mereka menuntaskan belajar pada sekolah yang dimaksud.

Demikian manfaat Tes Formatif diadakan, semoga bermanfaat !

Manfaat Tes Formatif | ilmuhewan | 4.5