Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Tebu

By On Selasa, Januari 1st, 2019 Categories : Biologi

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Tebu – Tanaman ini dalam Bahasa Inggris diberi nama Sugar Cane adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam kelompok / famili atau suku ‘graminae’ atau ‘poaceae’ adalah tanaman dari suku rumput – rumputan.

Batang Tebu bermanfaat sebagai bahan baku dalam membuat gula, dimana batang Tebu ini mempunyai rasa manis, juga bermanfaat untuk mencegah / obat penyakit kuning, mengurangi dan meredakan sakit nyeri, mengobati / menurunkan demam, mencegah / obat penyakit kanker, mencegah / mengobati penyakit batu ginjal, mencegah / obat penyakit stroke, meredakan penyakit ringan semacam masuk angin atau mimisan dan yang lainnya.

Klasifikasi Tanaman Tebu

  • Kingdom : Plantae / Tumbuhan
  • Super D : Spermatophyta / t. yang menghasilkan biji
  • Divisi / Fillum : Magnoliophyta / tanaman berbunga
  • Kelas : Liliopsida / Tanaman dengan biji monokotil / berkeping satu
  • Ordo : Poales
  • Famili / Suku : Graminae atau poaceae
  • Genus : Saccharum
  • Spesies / Jenis : Saccharum officinarum linn

Morfologi Tanaman Tebu

Tanaman Tebu secara morfologi bisa dibedakan menjadi beberapa bagian, sebagai berikut :

Morfologi Batang Tanaman Tebu

Tanaman Tebu secara garis besar mempunyai batang yang bentuknya tegak dan tak memiliki cabang. Ketinggian yang bisa dicapai oleh batang tanaman Tebu adalah sekitar 3 sampai dengan 5 meter atau bisa lebih. Batang tanaman Tebu mempunyai kulit batang berwarna hijau, merah tua dan ungu atau kuning serta warna – warna kombinasi tersebut. Pada batang Tebu di bawah kulit memiliki lapisan lilin yang berwarna putih keabu – abuan dimana lapisan lilin akan terlihat tebal pada tanaman yang masih berusia muda.

Morfologi Bunga Tanaman Tebu

Bunga yang tumbuh pada tanaman Tebu adalah dari jenis bunga yang bersifat majemuk. Bunga – bunga ini terdiri atas bagian yang disebut ‘malai’ dengan masa pertumbuhan yang terbatas. Ukuran panjang dari bunga majemuk adalah kisaran antara 70 sampai dengan 90 Cm. Masing – masing bunga dari tanaman Tebu yang dimaksud adalah mempunyai tiga daun kelopak, 3 benang sari, 2 kepala putik dan 1 buah daun mahkota.

Morfologi Akar Tanaman Tebu

Sistem perakaran pada tanaman Tebu adalah akar serabut dengan ukuran panjang rata – rata bisa mencapai 1 meter lebih. Saat tanaman tebu masih sebagai bibit atau ketika tanaman Tebu masih berusia muda, tanaman Tebu mempunyai 2 macam akar yaitu akar tunas dan akar stek.

Yang dimaksud dengan akar tunas adalah akar – akar yang berasal dari tunas dimana rata – rata umur akar ini adalah panjang dan tetap selama tanaman Tebu bersangkutan masih mampu untuk tumbuh dan berkembang. Sedangkan akar stek berasal dari stek batang dari tanaman Tebu, biasanya tak mampu berumur panjang dan hanya ada ketika usia tanaman Tebu masih muda.

Morfologi Daun Tanaman Tebu

Daun – daun yang tumbuh pada pucuk batang Tebu merupakan daun tak lengkap yaitu hanya terdiri dari helaian – helaian daun dan pelepah daun dengan tanpa dilengkapi oleh tangkai daun. Daun – daun pada tanaman Tebu seperti halnya batang Tebu adalah berpangkal pada buku – buku dengan memiliki kedudukan berselang – seling. Pelepah daun menyelimuti batang yang ukurannya semakin ke atas semakin sempit. Masing – masing pelepah dikelilingi oleh telinga daun dan berbulu tipis dengan disertai pertulangan daun yang berbentuk sejajar.

Kandungan di dalam batang tebu usia dewasa adalah vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Nah pengolahan Tebu adalah bisa dibuat jus yang kaya akan kandungan zat kalsium, magnesium, zat besi dan fosfor yang mampu membantu memulihkan tenaga yang berkurang karena terkena penyakit demam.

Baca Juga : Cara Budidaya Apel Secara Organik

Demikian kami mengulas artikel dengan judul klasifikasi dan morfologi tanaman tebu, semoga bermanfaat untuk yang membutuhkan informasi ini.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Tebu | ilmuhewan | 4.5