Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nipah

By On Sabtu, Desember 29th, 2018 Categories : Biologi

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nipah – Seperti diketahui bahwa Tanaman Nipah ini tumbuh subur dibagian belakang hutan – hutan bakau berdekatan dengan daerah pesisir pantai.

Paling banyak ditemukan di pinggir – pinggir sungai besar dan mampu bertahan dengan air laut dimana tumbuhan ini menjadi lebih baik jika mereka tumbuh di daerah berdekatan dengan laut yang memasok banyak lumpur ke pesisir atau daerah rawa – rawa mengandung tanah liat serta kaya akan bahan – bahan organik di dalamnya.

klasifikasi Tanaman Nipah sebagai berikut :

  • Kingdom : Plantae / tumbuhan
  • Sub Kingdom : Tracheobionta / tumbuhan berpembuluh
  • Infra Kingdom : Streptophyta / tumbuhan darat
  • Super Divisi : Spermatophyta / tumbuhan berbiji
  • Divisi : Magnoliophyta / tumbuhan berbunga
  • Kelas : Liliopsida / tumbuhan monokotil
  • Sub Kelas : Arecidae
  • Ordo : Arecales
  • Famili : : Arecaceae / tumbuhan Pinang
  • Genus : Nypa Steck
  • Spesies : Nypa Fruticans Wurmb 

Tumbuhan Nipah di Indonesia mempunyai urutan morfologi sebagai berikut :

  1. Tanaman Nipah mempunyai bentuk buah agak tipis berusuk sebanyak sekitar 2 s/d 3 biji berwarna coklat kemerahan dengan diameter buah kisaran 13 Cm. Memiliki struktur buah menyerupai buah kelapa dengan dilengkapi oleh ‘eksokarp’ halus, ‘mesokarp’ sabut dan ‘endocarps’ keras seperti tempurung. Buah berbiji dilindungi oleh tempurung dengan panjang kisaran 8 s/d 13 Cm berbentuk kerucut. Pada umumnya tanaman Nipah memiliki tipe buah batu,  sebanyak 3, berukuran 11 x 13 Cm.
  2. Tandan buah Nipah memiliki bentuk bulat berwarna kecoklatan agak kaku dan berserat. Masing – masing buah mempunyai satu biji yang berbentuk oval menyerupai butiran telur ayam kampung. Diameter kepala buah mencapai ukuran sekitar 45 Cm. Bakal buah muncul melalui tangkai bunga yang akan tumbuh memanjang hingga menyentuh lumpur, dimana setelah matang, kepala buah akan pecah lalu membentuk banyak buah.
  3. Masing – masing rumpun bunga jantan memiliki 4 rumpun bunga dengan ukuran panjang mencapai kisaran 5 Cm, dimana bunga ini dilindungi oleh ‘seludang’ bunga dengan bagian serbuk sari terlihat agak menjulur keluar. Ukuran panjang tangkai badan bunga dapat mencapai rata – rata 100 s/d 170 Cm.
  4. Pada bagian ketiak daun, tumbuh rumpun bunga majemuk dimana untuk bunga jantan tersusun dalam rangkaian bunga berwarna cantik seperti mereh, jingga, atau kuning dibagian bawahnya sedangkan untuk bunga betina tersusun membentuk bola dan agak bengkok ke arah samping.
  5. Sebagian dari batang Tanaman Nipah terendam di bawah lumpur yang tumbuh menjalar di bawah tanah dengan ketebalan batang kira – kira berukuran 60 Cm. Daun – daun muda banyak bermunculan yang mampu meraih ketinggian berkisar anatar 7 M sedangkan tangkai bunga mampu meraih ukuran panjang kisaran 1 M dengan kulit berwarna hijau dimana seiring waktu berubah maka warna membentuk cokelat tua.
  6. Tanaman Nipah memiliki akar serabut hingga mencapai panjang 13 Cm, dengan anak daun berbentuk pita memanjang hingga mencapai 100 Cm dengan lebar daun antara 4 s/d 7 Cm. Daun yang masih muda berwarna kuning dan akan berangsur – angsur menjadi hijau saat memasuki usia dewasa.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi Tanaman Nipah untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat !

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nipah | ilmuhewan | 4.5