Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Apel

By On Sabtu, Maret 2nd, 2019 Categories : Biologi

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Apel – Tanaman apel atau bahasa latinnya Malis Mill adalah tanaman sangat digemari oleh orang-orang karena rasanya yang nikmat. Di Indonesia tanaman ini banyak dibudidayakan seperti di daerah batu malang.

Apel juga memiliki berbagai macam khasiat bagi tubuh kita, seperti mencegah terjadinya kanker, baik untuk jantung, serta mencegah diabetes.

Berikut informasi mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman apel.

Klasifikasi Tanaman Apel

Kingdom Plantae
Sub Kingdom Tracheobiobta
Super Divisi Spermatophyta
Divisi Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
Sub Kelas Rosidae
Ordo Rosales
Famili Rosaceae
Genus Malia Mill
Spesies Malia sylvestris Mill

Morfologi Tanaman Apel

  1. Akar

Akar pada tanaman apel adalah akar tunggang yang tegak lurus ke bawah serta akar samping yang tidak begitu banyak. Fungsi akar pada tanaman ini sama halnya dengan tanaman lainnya yakni untuk menyerap unsur hara dan juga untuk menyokong berdirinya tanaman apel.

  1. Batang

Batang pada tanaman apel memiliki struktur yang keras serta kuat. Batangnya cukup tebal dan memiliki warna coklat hingga kuning abu-abu. Cabang pada tanaman apel sedikit dengan bercabang vertikal (ke atas).

  1. Daun

Pada tanaman ini daunnya merupakan daun tunggal serta berbentuk lonjong lebarnya bervariasi tergantung varietas. Di bagian ujung daun runcing serta bergerigi dari pangkal hingga ujungnya. Daun tanaman ini cenderung berbulu.

  1. Bunga

Tanaman apel memiliki tangkai yang cenderung pendek serta menghadap ke atas. Pada bunganya terdapat tandan dan pada setiap tandan memiliki 7 sampai 9 bunga yang tumbuh. Bunga tersebut memiliki mahkota.

  1. Buah

Bentuk buah apel  bulat dengan lekukan di bagian atas dan bawah buah. Warnanya pun ada yang hijau, kuning, dan merah tergantung varietas, kulitnya pun tipis serta mengkilap. Untuk dagingnya  memiliki tekstur yang keras serta mengandung sedikit air dan untuk warna dagingnya berwarna krem.

  1. Biji

Yang terakhir adalah biji, biji pada tanaman apel memiliki bentuk yang lonjong kecil dan runcing serta berwarna coklat kehitaman. Biji apel keras dan berjumlah sedikit pada setiap buahnya. Yang perlu anda ketahui bahwa biji apel mengandung sianida yang dapat meracuni tubuh, akan tetapi kadar racunnya tidak terlalu tinggi meskipun demikian tetap harus diperhatikan agar tidak memakan biji apel tersebut.

Baca Juga : Cara Penyerbukan Bunga Asoka

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Apel | ilmuhewan | 4.5