Jenis – Jenis Bisnis Online Tanpa Modal

By On Sabtu, September 29th, 2018 Categories : Ilmu Kesehatan

Jenis – Jenis Bisnis Online Tanpa Modal – Apakah bisnis online yang dimaksud seperti banyak dilakoni oleh pelaku bisnis usaha kecil mandiri / UKM saat ini ?

Sangat diperlukan untuk mengerti tentang definisi dari bisnis online itu apa sebelum anda melangkah ke depan dengan tujuan untuk mengetahui apakah jenis – jenis bisnis online tanpa modal.

Jenis – Jenis Bisnis Online Tanpa Modal

Jenis – Jenis Bisnis Online Tanpa Modal

Pengertian dari bisnis online adalah sebuah bentuk bisnis yang dilakukan melalui media internet apapun bentuknya apabila menggunakan internet maka sudah dapat dikategorikan sebagai bisnis online. Nah bisnis ini sudah mulai berkembang sangat pesat dan diperkenalkan kepada publik sejak awal abad ke 20.

Dimana pada masa – masa ini adalah masa awal dibangunnya perusahaan mesin pencari informasi terbesar di dunia seperti Google, Yahoo, Amazon, Alibaba, dll.

Selanjutnya ketika sudah memasuki abad ke 21, perkembangan bisnis ini semakin berjaya karena adanya ‘penetrasi’ internet yang mulai meluas serta mengglobal. Puncaknya adalah perkembangan internet dalam kurun waktu 20 tahun terakhir ini sangat luarbiasa cepat dan benar – benar mampu mengubah pola hidup masyarakat dunia.

Baca Juga : Penyebab Bisnis Online Gagal

Jenis – Jenis Bisnis Online Tanpa Modal Yang Dapat Anda Coba Mulai Dari Sekarang

Setelah mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan bisnis online, maka selanjutnya akan kami berikan sebuah contoh dari jenis – jenis bisnis online yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan modal besar, tersebut di bawah ini.

Penerbit Iklan / ‘Ads Publisher’

Yang pertama dan terlaris adalah sebagai seorang publisher. Di Indonesia hampir 90 persen orang baru mengenal tentang dunia bisnis online tanpa modal di bidang penerbit iklan. Model bisnis ini adalah dengan memanfaatkan website sebagai wadah untuk menampung iklan – iklan yang akan ditayangkan. Anda membuat sebuah website dengan dilengkapi oleh konten yang menarik sehingga banyak ada pengunjung yang mau mampir ke tempat anda. Apabila pengunjung dirasa cukup maka anda sudah dapat memulai menjalankan bisnis ini.

Terdapat beberapa penyedia untuk jasa iklan yang rencananya bisa anda aplikasikan yaitu paling populer adalah Google Adsense yang dapat membantu anda untuk memperoleh ribuan dollar per bulan melalui aplikasi ini. Alternatif lainnya adalah memanfaatkan Chitika, Media.NET, atau menyewakan slot iklan website anda.

Google Adsense merupakan layanan yang terbanyak dipilih oleh para blogger dimana Google Adsense berhubungan dengan layanan Google yang lainnya yaitu Google Adwords. Nah Google mempunyai 2 unit di dalam perusahaan mereka yang berfungsi mengurus iklan, yaitu Adsense dan Adwords.

Yang dimaksud dengan Google Adwords adalah salah satu divisi Google yang memiliki tugas untuk menemukan pengiklan atau ‘advertiser’.

Google Adsense sendiri bertugas untuk menemukan ruang / tempat untuk menata / meletakkan iklan – iklan advertiser yang disediakan oleh Google Adwords. Selain kedua divisi tersebut, Google juga menyediakan fasilitas Google Admob yang memfokus untuk memuat iklan – iklan pada ‘mobile aplication’ baik itu melalui Android atau iQS dan yang lainnya. Dalam hal ini iklan – iklan yang ditemukan oleh Google Adwords akan didistribusikan secara langsung ke publisher via Google Adsense dan Admob.

Nah darimanakah Google memperoleh keuntungan ? Perhitungannya adalah anda akan memperoleh hasil sebesar 68 persen dan sisanya adalah untuk Google yaitu sebesar 32 persen.

Rumus untuk mengetahui dan menghitung pendapatan dari Google Adsense adalah pendapatan = PPC x CTR x Page View.

PPC adalah biaya per klik, CTR adalah rasio pengunjung yang mengklik iklan, dan ‘page view web’.

Bagaimanakah cara untuk memaksimalkan pendapatan dari Google Adsense ?

Berikut di bawah ini akan kami berikan beberapa tips guna memperoleh pendapatan yang cukup besar dari Google Adsense :

1. Melalui tema blog atau web

Yang terpenting adalah tema atau ‘niche’ dari blog yang anda buat. Meskipun visitor anda cukup banyak, namun jika temanya biasa – biasa saja maka nilai dari CPC dan CTR akan menjadi rendah.

2. Melalui template blog

Tampilan memiliki pengaruh besar terhadap CTR, karena tampilan akan menentukan letak strategis dari iklan yang rencananya akan ditampilkan. Apabila template yang anda pilih kurang bagus maka ‘load’ blog akan menjadi lambat, nah karena lambat inilah maka web menjadi kurang pengunjung.

3. Melalui kualitas artikel yang dipasang

Hindari membuat artikel yang sifatnya monoton sehingga menyebabkan pengunjung atau orang yang membacanya mudah merasa bosan. Nah semakin bagus artikel yang anda pasang maka pengunjung akan betah lama – lama bertamu pada blog anda.

Baca Juga :

Iklan – iklan yang muncul memiliki pengaruh besar terhadap artikel yang diterbitkan, dimana mesin Google akan secara otomatis membaca semua artikel – artikel anda untuk selanjutnya menentukan tema apa yang akan dibahas melalui artikel tersebut. Kemudian Google akan menampilkan iklan – iklan sesuai dengan tema yang ditentukan.

4. Melalui penempatan iklan

Hindari memasang iklan pada tempat – tempat yang kurang strategis. Misalnya pada bagian ‘footer’. Penempatan yang bagus adalah di atas, tengah, dan bawah artikel karena pengunjung fokusnya disana.

Semoga bermanfaat !

Jenis – Jenis Bisnis Online Tanpa Modal | ilmuhewan | 4.5