Jenis – Jenis Badan Usaha Yang Berada Di Wilayah Indonesia

By On Selasa, Desember 25th, 2018 Categories : Bisnis

1. BUMN / Badan Usaha Milik Negara

Yang dimaksud dengan BUMN / badan usaha milik negara ini merupakan sebuah badan usaha yang keseluruhan atau sebagain modalnya didapat dari pemerintah setempat dimana di dalamnya termasuk pegawai yang bekerja di dalam BUMN yang bersangkutan berstatus sebgai pegawai negeri.

Dikenal ada 3 macam BUMN di Indonesia yaitu sebagai berikut : perjan, perum, dan persero.

Perjan merupakan salah satu jenis BUMN di Indonesia yang modalnya sebagian besar berasal dari pemerintah dimana tujuan utama berdirinya badan usaha ini adalah fokus kepada layanan masyarakat. Namun kekurangan dari badan usaha jenis ini adalah kadang – kadang sering menuai kerugian dalam jumlah besar. Misalnya adalah perjan PJKA yang sekarang diganti menjadi PT. KAI / PT. Kereta Api Indonesia.

Perum merupakan sebuah BUMN yang bentuknya saat ini sedikit mengalami perubahan. Seperti perjan tersebut di atas, perum sepenuhnya dikelola oleh pemerintah dengan pegawainya berstatus sebagai pegawai negeri. Namun kadang – kadang perusahaan ini tetap saja mengalami kerugian meskipun saat ini status perjan sudah diubah menjadi perum. Sehingga pemerintah berantisipasi dengan cara menjual sebagian saham perusahaan kepada publik sehingga status selanjutnya menjadi persero.

Persero adalah salah satu badan usaha yang juga dikelola oleh pemerintah / negara. Namun memiliki sedikit perbedaan dengan perjan ataupun perum. Persero bertujuan untuk mencari keuntungan yang sebesar – besarnya dengan cara memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat yang membutuhkan dan jarang mengalami kerugian. Modal buat membangun persero berasal dari kekayaan negara dimana pemimpin persero disebut dengan nama Direksi dan status pegawai yang bekerja di dalamnya adalah swasta. Perusahaan ini tak mendapatkan fasilitas negara, dimana badan usaha persero ditulis dengan PT_nama perusahaan. Contohnya adalah PT. Jasa Raharja, PT. Telekomunikasi Indonesia, PT. Bank Rakyat Indonesia dan yang lainnya.

2. BUMS (Badan Usaha Milik Swasta)

BUMS adalah sebuah badan usaha yang berdiri oleh seseorang maupun sekelompok penilik modal dari swasta dimana macam – macam BUMS adalah Firma / Fa, CV / Commanditaire Venotschap atau Persekutuan Komanditer. Sedangkan PT / Perseroan Terbatas adalah badan usaha yang modalnya terbagi atas saham – saham yang nantinya akan dipertanggung jawabkan terhadap perusahaan untuk kembali kepada pemiliknya hanya sampai sebatas saham – saham yang dimiliki.

Tertutup Dan PT. Terbuka

Yang dimaksud dengan PT. Tertutup adalah PT. yang pemegang sahamnya memiliki keterbatasan hanya pada kalangan – kalangan tertentu saja seperti keluarga besar. Sedangkan PT. Terbuka merupakan PT. yang saham – sahamnya dijual kepada umum seperti pada PT. Pupuk Kaltim, PT. Djarum Super, PT. Holcim, dan lain sebagainya.

Demikianlah kami membahas tentang artikel dengan judul Jenis – Jenis Badan Usaha Yang Berada Di Wilayah Indonesia, semoga bermanfaat !

Jenis – Jenis Badan Usaha Yang Berada Di Wilayah Indonesia | ilmuhewan | 4.5