Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Dalam Belajar

By On Kamis, Desember 27th, 2018 Categories : Pendidikan

Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Dalam Belajar – Kesulitan belajar oleh ‘The United States Office of Education atau USOE seperti dikutip oleh Abdurrahman (2003 : 06), menjelaskan bahwa kesulitan dalam belajar adalah sebuah gangguan di dalam satu atau lebih terhadap rangkaian proses psikologis dasar yang memiliki ruang lingkup mencakup tentang pemahaman dan pemanfaatan penggunaan bahasa ajaran atau tulisan.

Definisi lain yang dikemukakan oleh ‘The National Joint Commite for Learning Dissabilites’ atau NJCLD dalam Abdurrahman (2003 : 07) bahwa yang dimaksud dengan kesulitan dalam belajar adalah merujuk kepada sekelompok kesulitan yang digambarkan dalam bentuk kesulitan – kesulitan nyata dalam pemanfaatan dan penggunaan kemampuan pendengaran, bercakap – cakap, menulis dan membaca, menalar atau kemampuan dibeberapa bidang studi.

Sedangkan menurut Sunarta (1985 : 7), menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan kesulitan dalam belajar adalah kesulitan – kesulitan yang dialami oleh para siswa / wi dalam mengikuti proses kegiatan belajar sehingga menyebabkan prestasi belajar rendah dan terjadilah perubahan tingkah laku yang tak diharapkan atau sesuai dengan partisipasi yang diperoleh seperti yang dilakukan oleh teman – teman sekelasnya.

Nah berdasarkan atas beberapa pendapat di atas maka bisa dipahami bahwa kesulitan dalam belajar adalah merupakan suatu kondisi / keadaan di dalam kegiatan / proses belajar mengajar dimana anak – anak didik tak mampu belajar sebagaimana mestinya. Pada dasarnya kesulitan di dalam belajar adalah merupakan sebuah gejala yang terlihat atau tercermin di dalam beragam tingkah laku baik itu secara langsung ataupun tak langsung.

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar

 Dikenal ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesulitan dalam belajar adalah sebagai berikut : faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri sendiri dan faktor eksternal adalah faktor yang datang dari luar diri seseorang.

Yang termasuk ke dalam kelompok faktor internal adalah faktor yang memiliki sumber berasal dari dalam diri individu yang bersangkutan seperti faktor intelegensi, minat, bakat, dan kepribadian.

Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri individu yang dapat dibedakan menjadi 3 faktor utama yaitu faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat.

  • Faktor Keluarga

Peranan keluarga dalam hal ini adalah orangtua merupakan media yang utama di dalam melakukan pembinaan dan pengembangan terhadap potensi anak – anak. Meskipun orangtua adalah faktor utama namun tak semua orang tua mampu untuk melakukan peranan ini dengan penuh tanggung jawab.

  • Faktor Lingkungan Sekolah

Sekolah merupakan faktor kedua sebagai lembaga pendidikan formal guna mengatasi masalah kesulitan dalam belajar yang dilakukan di rumah bersama dengan keluarga yaitu kedua orangtua. Masalah akan diserahkan kepada sekolah sebagai lembaga pendidikan formal setelah keluarga dalam mengentaskan kesulitan belajar bagi para siswa / wi.

  • Faktor Lingkungan Masyarakat

Faktor terakhir adalah lingkungan masyarakat memegang peranan penting di dalam membentuk kepribadian anak – anak termasuk di dalamnya adalah kemampuan dibidang pengetahuan.

Lingkungan masyarakat yang mempunyai kebiasaan – kebiasaan yang kurang sehat seperti banyak ada pemuda yang suka minum – minum minuman keras, lingkungan penjudi dan sebagainya bisa menghambat terjadinya proses pembentukan terhadap kepribadian dan kemampuan anak – anak termasuk bagaimana mereka mengikuti proses belajar – mengajar antara guru dengan para siswa / winya.

Baca Juga :

Demikian kami mengulas tentang Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Dalam Belajar, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Dalam Belajar | ilmuhewan | 4.5