Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Padi

By On Senin, Maret 18th, 2019 Categories : Biologi

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Padi – Padi merupakan tanaman yang sangat menentukan stabilitas bahkan eksistensi kehidupan manusia Indonesia. Sebab, tanaman padi merupakan tanaman penghasil beras yang menjadi bahan makanan pokok hampir seluruh masyarakat nusantara. Artinya, tanpa tanaman padi, sebagian besar masyarakat indonesia akan mengalami kelaparan yang kronis.

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Padi

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Padi

Atas dasar diatas, menjadi wajar kalau pembudidayaan padi digalakkan oleh para petani di setiap daerah. Bahkan pemerintah pun memberikan perhatian khusus pada taraf peningkatan hasil pangan padi semata untuk menjamin kehidupan rakyat.

Walaupun begitu, kendala dalam pembudidayaan tanaman padi adalah hama dan penyakit tanaman padi yang terkadang membuat tanaman rusak sehingga petani mengalami kerugian akibat tanaman tidak bisa di panen secara maksimal. Maka dari itu, diperlukan perhatian khusus mengenai pengendalian hama dan penyakit menjengkelkan tersebut.

DI artikel berikut ini kami akan menjelaskan tata cara pengendalian hama dan penyakit pada tanaman padi. Cara yang bisa dicoba oleh para petani agar hasil panen menjadi lebih memuaskan.

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Padi

  1. Penggerek Batang Padi

Hama Tanaman Padi berupa Penggerek batang adalah hama tanaman padi yang cukup kronis. Biasanya penyakit ini menyerang padi anakan yang membuatnya tidak bisa bertumbuh maksimal. Cara pengendaliannya adalah melakukan penyemprotan insektisida yang berbahan karbofuran berdosis rendah.

  1. Wereng Cokelat

Wereng coklat adalah hama padi yang jika menyerang, padi menjadi menguning, mengering dan mati. Cara pengendaliannya adalah memberikan pupuk K dengan jumlah ideal serta bisa menyemprotkan burprofezin pada tanaman usia pertengahan.

  1. Hawar Daun Bakteri

Hawar daun bakteri adalah penyakit padi yang disebabkan oleh bakteri. Gejala penyakit ini adalah daun dipenuhi dengan bercak berwarna ungu keputih-putihan. Cara mengendalikannya adalah melakukan sanitasi lahan penanaman secara maksimal serta posisi penanaman agak renggang.

  1. Busuk Batang

Busuk batang tergolong penyakit tanaman padi yang cirinya batang membusuk dengan warna kuning kecokelatan. Untuk mencegah penyakit ini hendaknya pemupukan dilakukan secara teratur dan sekali waktu tanaman boleh disemprotkan fungisida berbahan belerang.

Itulah cara pengendalian hama dan penyakit tanaman padi. Semoga dengan cara ini, tanaman padi tumbuh lebih subur, bebas hama serta aman dari penyakit anti panen.

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Padi | ilmuhewan | 4.5