Cara Mengurangi Penggunaan Sumber Daya Alam

By On Jumat, Oktober 19th, 2018 Categories : Lingkungan

Cara Mengurangi Penggunaan Sumber Daya Alam –¬†Sumber daya alam memang penting dalam kehidupan manusia. Segala yang ada di alam, bisa dimanfaatkan manusia untuk kelangsungan hidup. Namun keberadaan sumber daya alam tidak akan bisa dimanfaatkan oleh semua manusia, jika pemakaian yang dilakukan dengan tidak bijaksana. Eksploitasi atau pemakaian berlebihan pada sumber daya alam, justru akan menghabiskan sumber daya dan membiarkan generasi selanjutnya mengalami kelangkaan.

Maka dari itu, perlu adanya sikap bijak dalam menggunakan sumber daya alam. Penggunaan sumber daya alam terutama yang tidak bisa diperbaharui, tentu harus menghindari sikap eksploitasi. Namun, bukan berarti pemakaian sumber daya alam yang bisa diperbaharui dan saat ini melimpah seperti air, tanah, dan udara pun bisa seenaknya. Pencemaran dan polusi yang terjadi sudah cukup menjadi bukti kurang bijaknya manusia dalam pemanfaatan sumber daya alam. Berikut beberapa cara mengurangi penggunaan sumber daya alam agar bisa dimanfaatkan juga oleh generasi selanjutnya.

Baca Juga :

Pertama, mengurangi penggunaan energi dan bahan bakar minyak. Perlunya mengurangi penggunaan dua sumber daya ini bukan tanpa sebab. Selain menghemat agar bisa juga dinikmati oleh anak cucu, pengurangan penggunaan bahan bakar ini mencegah polusi atau pencemaran pada lingkungan. Hal-hal yang bisa dilakukan seperti mengurangi pemakaian kendaraan bermotor, mengurangi penggunaan AC, atau pemakaian listrik. Jika hal ini bisa dilakukan, penghematan sumber daya alam bisa dilakukan dan juga tentu saja lingkungan akan terjaga.

Kedua, menghemat penggunaan air. Air merupakan unsur pokok atau sumber daya pokok dalam kehidupan manusia. Seluruh makhluk hidup memerlukan air untuk bertahan hidup. Maka, air sangat penting terlebih keberadaan air bersih bagi kelangsungan hidup manusia. Menghemat air bisa dilakukan dengan pemakaian seperlunya. Selain itu, penanaman pohon juga penting untuk menjaga kebersihan dan penyimpanan air tanah.

Ketiga, memakai barang awet yang bisa reduce dan recycle. Hal ini penting juga menggunakan barang yang tidak habis sekali pakai atau bisa dipakai lagi suatu saat. Misal seperti mengurangi pemakaian tas plastik yang hanya bisa digunakan sekali. Pemanfaatan barang lain seperti tas dengan bahan kain atau kulit bisa digunakan untuk penghematan sumber daya alam. Pemakaian tas selain plastik tentu mengurangi produksi plastik yang memanfaatkan sumber daya alam.

Tiga cara tersebut dapat digunakan sebagai upaya pengurangan penggunaan sumber daya alam. Meski demikian, penting digalakkan sikap-sikap selektif dalam penggunaan sumber daya dalam pola pikir masyarakat. Agar sikap rakus dan ekspolitasi dapat dihindari dalam pemakaian dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada.

Baca Juga :

Cara Mengurangi Penggunaan Sumber Daya Alam | ilmuhewan | 4.5