Cara Budidaya Apel Secara Organik

By On Senin, Desember 31st, 2018 Categories : Biologi

Cara Budidaya Apel Secara Organik – Yang dimaksud dengan buah adalah salah satu jenis makanan yang merupakan bagian dari empat sehat lima sempurna. Buah adalah sumber nutrisi yang dapat menjadi pelengkap keperluan gizi terhadap tubuh manusia. Di Indonesia dikenal ada banyak jenis buah yang dapat dikonsumsi oleh manusia.

Salah satunya adalah jenis buah yang mampu tumbuh di daerah dengan iklim tropis. Nah untuk dapat mengonsumsi jenis buah yang lainnya maka masyarakat harus mengandalkan impor buah dari negara lainnya.

Salah satu buah yang saat ini menjadi favorit semua orang adalah Buah Apel. Buah Apel adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung Vitamin C sehingga bagus dimanfaatkan untuk menjaga kekebalan dan daya tahan tubuh dengan mengonsumsinya setiap hari jika memungkinkan.

Cara Budidaya Apel adalah dapat dilakukan dengan banyak cara. Apel merupakan salah satu jenis buah yang pas ditanam untuk dibudidayakan dalam skala besar di Indonesia. Sehingga anda menjadi mudah untuk menemukan Buah Apel karena memang sengaja banyak dibudidayakan di daerah – daerah tertentu di Indonesia.

Buah Apel juga dapat dicoba untuk ditanam di depan rumah anda terutama berlaku bagi anda yang memiliki hobi berkebun, anda dapat menanam beberapa batang pohon Buah Apel dengan sebuah harapan jika musim panen tiba maka anda dapat memetik sendiri Buah Apel ranum di rumah.

Nah terkait dengan penjelasan singkat dari kami tersebut di atas maka ada salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu mencoba menanam Apel melalui sistem organik sehingga nantinya dapat menghasilkan Buah Apel organik yang sehat.

Bagi anda yang berminat untuk bercocok tanam Buah Apel secara organik maka dapat mengikuti langkah – langkah praktis dari kami tersebut di bawah ini.

Melakukan Persiapan Media Tanam

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah mempersiapkan media tanam. Lakukan dengan cermat tentang cara menanam Buah Apel dengan sistem organik sehingga nantinya akan menghasilkan panen Buah Apel yang sesuai dengan kriteria Buah Apel organik.

Siapkan media tanam seperti pupuk kotoran hewan, sekam bakar, dan ‘cocopeat’ yang masing – masing bagian ini dicampur dengan takaran 1:1:1.

Setelah ketiga unsur dicampur dengan merata maka langkah selanjutnya adalah siapkan pot pilihan atau ‘polybag’ yang memiliki fungsi sebagai media untuk menanam bibit Apel yang sebelumnya sudah disiapkan kemudian isilah dengan media tanam tersebut di atas yang sudah tercampur merata.

Selanjutnya siapkan larutan ‘tuwuh’ lalu kocorkan pada media tanam dengan memakai takaran yang disesuaikan dengan aturan – aturan yang tertera pada kemasan yaitu 250 ml per tanaman.

Larutan tuwuh memiliki fungsi untuk mengaktifkan ‘microorganisme’ organik dengan bagus sehingga media tanam diharapkan mampu membantu pertumbuhan dari tanaman Buah Apel. Setelah selesai memberikan larutan tuwuh maka anda membutuhkan waktu selama 3 hari untuk mendiamkan.

Melakukan Penanaman Tanaman

Setelah melalui waktu 3 hari maka persiapkan membuat lubang – lubang tanam terhadap media tanam dan bibit Apel siap untuk ditanam pada masing – masing lubang tanam tersebut. Lepaskan dengan hati – hati kresek yang membungkus akar bibit Apel lalu letakkan tepat di tengah – tengah lubang tanam.

Selanjutnya tutup kembali lubang tanam yang bersangkutan dengan memakai media tanam di sekitarnya dan jangan lupa untuk menyirami bibit Buah Apel untuk yang pertama kali dengan takaran pemberian air bersih secukupnya saja sehingga keperluan air di sekitar area tanam terpenuhi tanpa berlebihan atau kekurangan.

Melakukan Perawatan Tanaman

Untuk melakukan perawatan Buah Apel secara organik maka hal pertama yang patut untuk diperhatikan adalah melakukan penyiraman tanaman yang baru ditanam dengan rutin dan benar.

Selanjutnya adalah hindari memberikan tanaman terhadap zat – zat kimia yang bersifat tidak organik seperti melakukan penyemprotan dengan pestisida yang tak bersifat organik atau bahan – bahan kimia yang lainnya.

Yang terpenting adalah langkah awal tersebut di atas bahwa tanaman Buah Apel sudah diberikan larutan tuwuh sehingga kesuburan tanah dan tanaman tetap terjaga karena larutan tuwuh akan menghasilkan media tanam yang bersifat organik dengan banyak mengandung unsur hara.

Demikian kami menjelaskan tentang cara budidaya Buah Apel secara organik, semoga dapat memberikan wawasan dan bermanfaat !

Baca Juga : Klasifikasi Tanaman Nipah

Cara Budidaya Apel Secara Organik | ilmuhewan | 4.5